Pemko Pekanbaru Targatkan Pasang 100 Tapping Box

id pemko, pekanbaru targatkan, pasang 100, tapping box

 Pemko Pekanbaru Targatkan Pasang 100 Tapping Box

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemkot Pekanbaru melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) setempat targetkan hingga akhir September pihaknya dapat merampungkan pemasangan 100 Tapping Box atau alat perekam transaksi di sejumlah wajib pajak guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah tersebut dari sektor pajak Hotel dan Restoran.

"Ini sudah keputusan bersama. Makanya harus segera dituntaskan," ucap Kepala Bapenda Pekanbaru, Jamil di Pekanbaru, Senin.

Ia menjelaskan bahwa pemasangan tersebut sempat terkendala akibat pihak operator tengah mengerjakan proyek yang sama di daerah lain. Oleh sebab itu ia mengakui bahwa pemasangan alat tersebut sempat molor.

Kendati demikian, ia melanjutkan bahwa sampai saat ini jumlah Tapping Box yang telah terpasang tersebut sudah mencapai 30 puluh unit yang tersebar di berbagai hotel dan restoran yang ada di Pekanbaru.

Nantinya diharapkan dengan pemasangan tersebut PAD Pekanbaru akan meningkat dan dapat diperuntukkan pada pembangunan maupun kebutuhan masyarakat banyak.

Ia juga menegaskan bahwa pemasangan alat perekam transaksi tersebut bukanlah sebagai bentuk kecurigaan Pemko kepada para wajib pajak, namun lebih kepada pemberian rasa aman kepada masyarakat serta membantu para wajib pajak tersebut dalam menghitung pajak yang harus disetorkan.

"Inikan demi kebaikan bersama. Makanya kami mengharap kejasama dari seluruh pihak terkait," katanya.

Lebih jauh, tambahnya peningkatan PAD tersebut akan dapat terlihat setidaknya dua bulan pasca pemasangan seluruh unit Tapping Box tersebut.

Oleh sebab itu pihaknya terus menggesa pemasangan alat perekam transaksi tersebut.

Kendati demikian pemasangan tersebut sempat mengalami kendala lantaran belum bertemunya visi antara pihak Pemko Pekanbaru dan para wajib pajak tersebut. Namun upaya persuasif dan sosialisasi yang terus digencarkan pihaknya memperoleh hasil positif dimana seluruh wajib pajak tadi bersedia untuk dipasangi alat tersebut.

"Memang pada awalnya sempat ada penolakan. Namun kami terus memberikan pengertian pada para wajib pajak terkait manfaat dari alat tersebut," ucapnya.

Nantinya pihak Pemko akan menargetkan seluruh wajib pajak yang ada di kota tersebut untuk dapat juga dipasangi Tapping Box. Bahkan tak tanggung-tanggung pihak Pemko sudah memesan sebanyak 400 alat Tapping Box.

Namun akibat alat tersebut baru tersedia hanya 100 unit, maka pihak Pemo baru bisa menerapkan untuk 100 wajib Pajak.