Warga Sulut terjangkit COVID-19 terus bertambah

id Corona

Warga Sulut terjangkit COVID-19 terus bertambah

Ilustrasi virus corona.

Manado (ANTARA) - Akumulasi warga terjangkit COVID-19 di Sulawesi Utara terus bertambah setiap harinya dan menyentuh angka 1.178 orang, sebut Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulut dr Steaven Dandel MPH.

"Sulut ketambahan sebanyak 19 kasus baru COVID-19 hari ini," sebut dr Steaven di Manado, Jumat.

Baca juga: Seorang nenek 80 tahun warga Kota Batam positif COVID-19

Dari 19 kasus baru yang bertambah, Kota Manado masih menjadi daerah dengan kasus penjangkitan terbanyak dibandingkan dengan kabupaten dan kota lain.

Kota Manado menyumbang sebanyak 11 kasus, Kota Bitung (satu kasus), Kabupaten Minahasa Utara (dua kasus), Kabupaten Minahasa (dua kasus), Kabupaten Minahasa Tenggara (satu kasus), dan dalam proses verifikasi (dua kasus).

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Kalsel bertambah 110 menjadi 3.447 orang

dr Steaven merinci dari akumulasi kasus positif sebanyak 1.178 orang, sebanyak 250 orang telah dinyatakan sembuh, meninggal sebanyak 83 orang dan sementara dalam perawatan aktif sebanyak 845 orang.

"Dapat kami sampaikan bahwa transmisi COVID-19 di Sulut ini belum berakhir, masih berlangsung," katanya.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di DIY bertambah delapan menjadi 324 orang

Karena itu, harap dia, warga tetap menggunakan masker ketika melakukan aktivitas di luar rumah, menjaga jarak fisik, menjauhi keramaian, rajin mencuci tangan dengan sabun serta membersihkan diri atau mandi sebelum berinteraksi dengan anggota keluarga di rumah ketika melakukan aktivitas luar rumah.

Apabila tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan, bukan tidak mungkin karena kelalaian sendiri menularkan COVID-19 kepada anggota keluarga.

"Akan berakibat lebih vatal lagi ketika mengjangkiti orang tua yang memiliki penyakit penyerta," ujarnya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar