Polda Sumsel tingkatkan keandalan peralatan dan unit K9

id polda, peralatan, periksa keandalan kendaraan operasional polda, polisi, sa,samapta

Polda Sumsel tingkatkan keandalan peralatan dan unit K9

Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan melakukan pengecekan kesiapan personel dan peralatan Direktorat Samapta di Palembang, Rabu (18/9). (ANTARA/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan berupaya meningkatkan keandalan peralatan pendukung operasional tugas kepolisian dan unit K9 yang memiliki satwa anjing pelacak.

Untuk melakukan peningkatan keandalan peralatan dan Unit K9, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan melakukan pengecekan kesiapan peralatan yang dimiliki Direktorat Samapta di Palembang, Rabu.

Baca juga: Polda Sumsel proses 23 tersangka karhutla

Pengecekan yang dilakukan Wakapolda Sumsel itu mulai dari kesiapan personel, kendaraan yang digunakan, senjata, dan kegiatan pemeliharaan dan perawatan anjing pelacak Unit K9.

Wakapolda pada kesempatan itu mengatakan Ditsamapta memiliki personel dan peralatan yang memadai untuk mendukung operasional tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Baca juga: Polda Sumsel dalami perusahaan terlibat karhutla

Khusus peralatan, kata dia, perlu terus dilakukan pengecekan serta pemeliharaan dan perawatan dengan baik agar siap digunakan setiap waktu.

Menurut dia, fasilitas pendukung operasional yang dimilik sekarang ini perlu mendapat pemeliharaan dan perawatan yang baik secara rutin dan dioperasikan oleh tenaga profesional dan terlatih.

"Peralatan tersebut bukan barang pajangan, petugas yang ditunjuk diminta untuk terus berlatih mengoperasikannya agar memahami betul penggunaannya dan perawatannya sehingga bisa dimanfaatkan dalam waktu lama," kata Wakapolda Sumsel.

Pewarta : Yudi Abdullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar