TdS 2019 Etape IX lewati Kawasan Mandeh

id TdS 2019,Kawasan Mandeh

TdS 2019 Etape IX lewati Kawasan Mandeh

Kawasan Wisata Mandeh, Pesisir Selatan. (ANTARA SUMBAR/ Miko Elfisha)

Painan (ANTARA) - Balapan Tour de Singkarak (TdS) 2019 etape IX dari lokasi start di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, ke lokasi finis di Kota Padang akan melewati kawasan Mandeh pada 10 November 2019.

"Rute ini merupakan rute terbaru semenjak Pesisir Selatan berpartisipasi dalam gelaran TdS," kata Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat, Yohendro Nasti di Painan, Selasa (20/8).

Ia mengungkapkan sebelumnya rute TdS melewati lajur utama jalan lintas Sumatera dari Painan dengan menyisiri perbukitan hingga sampai ke Kota Padang.

Namun karena jalan lingkar di kawasan Mandeh selesai dikerjakan maka pihaknya mengusulkan ruas tersebut sebagai lintasan balapan dan usulan itu diakomodir oleh panitia pelaksana.

"Senin (19/8) survei terakhir kelaikan dilaksanakan dan panitia menyepakati jalan tersebut," sebutnya.

Baca juga: Pesisir Selatan lokasi finis etape VIII balapan sepeda TdS 2019

Ia mengungkapkan dengan dilewatinya kawasan Mandeh, maka para pebalap akan menikmati dua hal sekaligus mulai dari keindahan bahari hingga tikungan-tikungan yang menantang.

Pembangunan jalan di kawasan Mandeh mendapat sokongan penuh dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Dalam kurun waktu 2015-2017 diselesaikan jalan sepanjang 16 kilometer dengan lebar 6 meter, total anggaran Rp88,26 miliar.

Selanjutnya pada 2018 dilanjutkan pembangunan jalan 25,08 kilometer dengan tiga kontrak. Kontrak pertama yakni Paket Pekerjaan Jalan Akses Wisata Mandeh sepanjang 13,03 kilometer dengan nilai Rp55,18 miliar.

Kontrak kedua yakni Paket Pembangunan Jalan Akses Wisata Mandeh (lanjutan) sepanjang 12,05 kilometer dengan nilai Rp59,9 miliar.

Selanjutnya kontrak ketiga yakni Paket Pekerjaan Penggantian, Rehabilitasi dan Pemeliharaan Berkala Jembatan Ruas Jalan Akses Wisata Mandeh untuk 12 jembatan dengan total panjang 245 meter senilai Rp12,7 miliar.

Baca juga: Dharmasraya jadi lokasi start etape V TdS 2019
Baca juga: Jalan Terban, Mandeh Masih Berpeluang jadi Rute TdS 2019

Pewarta : Miko Elfisha
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar