Jakarta (ANTARA) - Allianz X unit investasi digital Allianz Group merealisasikan investasi di Halodoc aplikasi layanan kesehatan yang memiliki akses ke dokter, pengantaran obat, dan pemeriksaan laboratorium ke rumah-rumah di 50 kota di Indonesia.

"Pendanaan ini akan digunakan untuk mengembangkan layanan kesehatan Halodoc, dan ketersediaannya di Indonesia," kata Carsten Middendorf, Investment Director Allianz X di Jakarta, Selasa.

Menurut Carsten, Halodoc telah melakukan tiga kali putaran pendanaan dari investor institusi dengan jumlah total 100 juta dolar AS (setara Rp1,4 triliun).

Mengenai alasan berinvestasi di HaloDoc, Carsten mengatakan, perusahaan ini telah menerima penghargaan Asia Pacific’s Most Innovative Healthcare Start up dari Gallen Growth Awards pada 2018 dan saat ini melayani rata-rata 7 juta pasien setiap bulannya di Indonesia di mana 80% pasien tinggal di luar kota besar Jakarta dan Surabaya.

“HaloDoc telah sukses mendorong transformasi digital di industri pelayanan kesehatan Indonesia melalui pendekatan holistik terhadap pengalaman pasien dan mitra strategis yang kuat seperti Allianz dan Gojek,” ujar Carsten.

Investasi ini, menurut Carsten menunjukan komitmen perusahaan terhadap bisnis transformatif di pasar berkembang dan menyediakan asuransi terjangkau bagi komunitas yang belum terlayani.

"Kami antusias untuk bekerja sama dengan HaloDoc pada berbagai aspek dan membantu mereka memperkuat operasional dan jaringan di pasar Asia Tenggara," ujar dia.

Sedangkan Todd Swihart, Managing Director Allianz Health & Corporate Solutions, Allianz Life Indonesia berharap melalui kerjasama strategis dengan Halodoc akan semakin memperkuat layanan kesehatan digital.

"Dengan menyediakan akses layanan kesehatan mudah kepada nasabah dimana saja dan kapan saja, kami dapat memberikan perlindungan ke lebih banyak lagi masyarakat Indonesia," ujar dia.

“Sebagai aplikasi kesehatan online yang memiliki misi untuk menyederhanakan akses layanan kesehatan, kemitraan strategis ini akan membantu meningkatkan kualitas dan jumlah pilihan layanan kesehatan yang tersedia bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di luar kota-kota besar, khususnya di luar Pulau Jawa di mana belum banyak terdapat infrastruktur," ujar Jonathan Sudharta, CEO HaloDoc.

HaloDoc bertujuan untuk belajar dari rekam jejak Bill & Melinda Gates Foundation dalam memberikan solusi perawatan kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup di seluruh dunia, tambah Jonathan.

Baca juga: Allianz Life Syariah perkenalkan peluang wirausaha bagi Milenial di Medan

Baca juga: Allianz bantah persulit pencairan klaim nasabah

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019