Anak usaha Pegadaian ekspansi bisnis dari kafe hingga hotel

id pegadaian,anak usaha pegadaian,pesonna indonesia jaya,hotel pegadaian

Anak usaha Pegadaian ekspansi bisnis dari kafe hingga hotel

The Gade Village, wujud dari bisnis konstruksi PT Pegadaian yang merupakan Balai Perekonomian Desa (Balkondes) dan Homestay di Desa Ngargogondo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. (Pegadaian)

Magelang (ANTARA) - Salah satu anak usaha dari PT Pegadaian (Persero), PT Pesonna Indonesia Jaya (PIJ) yang berdiri sejak 2015 terus melakukan pengembangan bisnisnya dari berbagai sektor, mulai dari kafe, konstruksi, building management, manajemen perjalanan, hingga hotel.

"Dari bisnis-bisnis yang sudah berkembang ini, dapat membantu pemasukan untuk kinerja keuangan Pegadaian semakin meningkat," kata Direktur Utama PIJ, Renny Soviahani, pada accara Media Gathering Pegadaian di Magelang, Sabtu.

Renny menjelaskan bisnis konstruksi yang digarap oleh PIJ adalah The Gade Village yang merupakan Balai Perekonomian Desa (Balkondes) dan Homestay di Desa Ngargogondo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

The Gade Village juga merupakan salah satu program CSR Pegadaian dalam bentuk keterlibatan sinergi BUMN dalam membantu peningkatan ekonomi masyarakat. Hadirnya The Gade Village ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebudayaan sekitar.

Melalui The Gade Village ini, Pegadaian dapat membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat baik untuk usia produktif, anak-anak sekolah hingga lanjut usia.

"Hal itu karena tren desa wisata memainkan peran penting sebagai kekuatan soft power Indonesia," katanya.

PIJ juga sedang menggarap bisnis perhotelan dengan nama Pesonna Hotel yang saat ini sudah berada di beberapa kota besar di Indonesia, di antaranya di Ampel Surabaya, Makassar, Pekanbaru, Semarang, Gresik, Tegal, Pekalongan, Malioboro dan Tugu Yogyakarta.

Pesonna Hotels tidak melihat perkembangan era digitalisasi saat ini sebagai ancaman, tetapi memilih untuk ikut dalam perkembangannya. Salah satu tindakan nyata adalah membuat aplikasi pemesanan sendiri yang dipasang dalam Website Pesonna.

Guna menyasar target pasar yang lebih banyak, Pesonna Hotels membedakan ketika pengguna menggunakan laptop/komputer dan Handphone. URL yang dapat digunakan untuk melakukan pemesanan kamar adalah booking.pesonna.co.id dan m.pesonna.co.id.

"Di tahun 2019 ini, kami menargetkan untuk perolehan pemesanan via website Pesonna adalah 5 persen dari total pendapatan pemesanan kamar," kata Renny.

Baca juga: Pegadaian regenerasi nasabah karena didominasi usia di atas 36 tahun
Baca juga: Pegadaian targetkan penjualan emas tahun ini tembus 5 ton
Baca juga: Pegadaian sumbang penerimaan negara Rp2,8 triliun

 

Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar