Balikpapan (ANTARA) - Penyedia jasa telekomunikasi seluler Telkomsel membuka Pos Siaga Haji di Asrama Haji Batakan, Balikpapan. Pos akan terus buka selama musim haji 1440 Hijriah atau mulai pertengahan Juli hingga akhir Agustus mendatang.

“Khusus untuk membantu jamaah calon haji agar mudah berkomunikasi nanti di Tanah Suci, baik berkomunikasi ke Tanah Air atau pun dengan sesama jamaah di Tanah Suci,” kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin, Rabu.

Untuk memudahkan komunikasi itu, kata Denny Abidin, Telkomsel menyediakan paket Promo Haji, yaitu paket gabungan (combo) yang sudah bisa roaming atau digunakan di Arab Saudi, dan bisa digunakan untuk internet seperti paket data, bisa juga digunakan menelepon dan berkirim pesan teks singkat (SMS) seperti pulsa biasa.

Promo Haji ini juga tidak meminta pengaturan khusus di gawai (handphone) apalagi sampai ganti nomor.

”Dengan paket Promo Haji, jamaah tetap dapat berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan keluarga di Tanah Air sambil tetap menjaga penggunaan internet harian terkendali dan mencegah tagihan yang tak terduga,” kata Denny.

Paket Promo Haji tersebut dapat diaktifkan dengan menghubungi *266*15# atau melalui aplikasi MyTelkomsel yang dapat diakses di Indonesia dan luar negeri. Kemudian untuk keluarga atau kerabat di Indonesia atau negara lain yang ingin membantu melakukan aktivasi dan pembelian paket untuk jamaah di Tanah Suci, dapat memanfaatkan fitur layanan Roaming Gift. Fitur ini juga dapat diakses melalui *266#.

“Kami juga membuka call center gratis 24 jam berbahasa Indonesia, selain juga ada GraPARI di Mekkah dan Madinah,” kata Denny Abidin. GraPARI adalah kantor layanan Telkomsel dan melayani hampir semua urusan pelanggan yang berkenaan dengan layanan jasa telekomunikasi Telkomsel.

Call Center 24 jam berbahasa Indonesia itu dapat dihubungi melalui nomor +628110000333. Kantor layanan GraPARI Mekkah ada di Zam-zam Tower Lantai P3, GraPARI Madinah 1 ada di Al Namlah Center di Hotel Salihiyah, Pintu 26 Masjid Nabawi, GraPARI Madinah 2 ada di Hotel Millenium Taibah, Lantai Shopping Center, Pintu 6 dan 7 Masjid Nabawi.

Pada musim haji 1440 Hijriah ini, dari pemberangkatan jamaah calon haji Balikpapan via Embarkasi Balikpapan adalah sebanyak 6.730 jamaah calon haji. Mereka berasal dari Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah. Para jamaah terbagi dalam 15 kelompok terbang.

Telkomsel membuka pos ini setiap tahun di asrama-asrama haji di Indonesia, tempat di mana jamaah calon haji transit atau bermalam sebelum berangkat, dan kemudian jamaah haji juga transit sebelum pulang ke daerah asal masing-masing.*

Baca juga: Bupati lepas 313 CJH asal Sambas

Baca juga: Lagu anging mamiri sambut kedatangan jemaah asal Makassar di Mekkah


Pewarta: Novi Abdi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019