Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri dan Badan Ekonomi Kreatif berkolaborasi menyelenggarakan  Festival Gapura mengusung tema cinta negeri Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo selaku ketua panitia menjelaskan festival itu dilaksanakan untuk mengembangkan persatuan dan kesatuan, meningkatkan nilai-nilai nasionalisme serta menumbuhkan partisipasi masyarakat dan kreativitas masyarakat.

"Mengembangkan budaya tidak lepas dari nilai nilai nasional. tentunya kekhasan budaya daerah," kata Hadi dalam jumpa pers di kantor Kemensetneg di Jakarta, Rabu.

Indonesia adalah bangsa yang sangat beragam. Gapura yang dibangun adalah bentuk kreativitas masyarakat dalam menonjolkan kekhasan daerah masing-masing.

Sementara itu, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan Festival Gapura Cinta Negeri merupakan perwujudan gotong royong masyarakat, yang dapat mendorong peran aktif masyarakat dalam menyumbangkan ide kreatif. Festival tersebut juga dapat meningkatkan rasa cinta tanah air dan semangat nasionalisme.

“Festival ini memicu masyarakat untuk berinovasi dalam mengembangkan kreasinya," ujar Triawan.
Baca juga: Google adakan lokakarya GAPURA kedua untuk pelaku UKM
Festival Gapura diselenggarakan tanggal 17 Juli hingga l7 Agustus 2019. Dengan festival itu, seluruh masyarakat Indonesia diharapkan dapat ikut serta dalam menghias gapura di permukiman mereka.

Menghias Gapura merupakan salah satu ragam kegiatan yang menjadi tradisi masyarakat untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

lnformasi dan pendaftaran festival dapat diakses melalui website www.gapuracintanegeri.com. Masing-masing peserta wajib mengirimkan 10 foto, terdiri dari 4 foto kemeriahan pembuatan gapura dan 6 foto gapura hasil karya.

Periode pengiriman mulai tanggal 17 Juli hingga 17 Agustus 2019. Selain itu, dalam rangka memeriahkan festival tersebut, peserta dapat mengunggah video dan foto di media sosial dengan menggunakan hashtag #GapuraCintaNegeri dan mention ke akun media sosial (Instagram, Twitter, Facebook) @FestivalGapura.

Para pemenang disediakan 15 piala dan uang total Rp1 miliar, dengan rincian 10 piala dan piagam untuk 10 pemenang Gapura kategori umum dan hadiah uang senilai Rp50 juta per pemenang.

Satu piala presiden bergilir dan piagam untuk Gapura terbaik kategori masyarakat umum dan hadiah uang senilai Rp250 juta per pemenang.

Tiga piala dan piagam untuk tiga pemenang Gapura kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi dan badiah uang senilai Rp50 juta per pemenang.

Serta satu piala dan piagam untuk Gapura Favorit dan hadiah uang senilai Rp100 juta.

"Para pemenang akan diundang untuk bertemu Presiden Joko Widodo," kata Hadi Prabowo.

Hadir dalam jumpa pers tersebut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Sekretaris Kementeriaan Sekretariat Negara Setya Utama, Koordinator Staf Khusus Presiden Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Sekretaris Panita Fastival Gapura Wishnutama.
Baca juga: Meriahkan Asian Games, Kota Bekasi gelar lomba hias gapura

Pewarta: Fauzi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019