Wali Kota Balikpapan minta calon haji tidak menghilang dari rombongan

id wali kota balikpapan pesan buat jamaah calon haji

Wali Kota Balikpapan minta calon haji tidak menghilang dari rombongan

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam sebuah kesempatan bertemu warga. (novi abdi/Antara)

Balikpapan (ANTARA) - Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat melepas jamaah calon haji asal Kota Minyak itu, di Masjid Islamic Center, Selasa berpesan agar para calon haji menjaga kesehatan dan keselamatan serta tidak menghilang dari rombongan.

“Hati-hati, bapak-Ibu, karena ada dua juta orang sekaligus yang melaksanakan haji ini dari seluruh dunia. Jaga diri, jaga kesehatan dengan makan minum cukup dan istirahat cukup, supaya ibadahnya juga maksimal,” kata  Rizal.

Wali Kota juga berseloroh, bahwa pernah ada jamaah hilang yang membuat seluruh rombongan ribut mencari.

“Ternyata berkunjung ke rumah keluarganya tidak pamit. Nah itu merepotkan dan membahayakan diri sendiri dan orang lain,” tuturnya.

Tindakan seperti itu, kata dia, merepotkan dan membahayakan sebab yang mencari pun bisa saja kesasar dan ketinggalan rombongan juga.

Dalam kesempatan itu Wali Kota memasangkan rompi kepada calon haji tertua Dahlan Bedu (84) dan termuda Mayasari (28). Kedua calon haji itu berasal dari Balikpapan Barat. Rompi haji juga dikenakan kepada petugas haji dari Polres Balikpapan Iptu Joko.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Balikpapan Hakimin Pattang menambahkan, bahwa tahun ini ada 563 calon haji asal Kota Balikpapan. Mereka terbagi dalam lima kelompok terbang (kloter) dengan tambahan 50 orang. Setiap kloter terdapat 455 orang dan termasuk di dalamnya lima petugas haji.

“Alhamdulillah, tambahan 50 orang itu ya para petugas haji yang mendampingi jamaah,” kata Hakimin.

Sesuai jadwal Kloter 1 jamaah calon haji Balikpapan akan berangkat pada 19 Juli mendatang berjumlah 450 orang. Kemudian tergabung di Kloter 4 sebanyak 49 orang dan akan berangkat pada 22 Juli.

Lalu ada lagi di Kloter 11 sebanyak 16 orang yang akan berangkat pada 30 Jul setelah sebelumnya masuk Asrama Haji Batakan pada 29 Juli. Ada lagi di Kloter 13 sebanyak 16 yang akan berangkat pada 2 Agustus dan di Kloter 15 sebanyak 33 orang dan akan berangkan 5 Agustus. 


Pewarta : Novi Abdi
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar