Puncak arus mudik di Stasiun Jember diprediksi hingga "H-2" Lebaran

id puncak arus mudik,stasiun jember,kai daop 9 jember,kepadatan arus mudik

Puncak arus mudik di Stasiun Jember diprediksi hingga

Kepadatan pemudik yang menunggu kedatangan KA Mutiara Timur siang dengan tujuan Surabaya di Stasiun Jember pada "H-4" Lebaran 2019 atau Sabtu (1/6). (ANTARA/Zumrotun Solichah)

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Manajer Hukum dan Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember Luqman Arif mengatakan puncak arus mudik di Stasiun Jember dan beberapa stasiun di wilayah Daop 9 sepanjang Kabupaten Banyuwangi hingga Pasuruan, Jawa Timur, diprediksi terjadi hingga "H-2" Lebaran 2019 atau pada Senin (3/6).

"Lonjakan penumpang di beberapa stasiun wilayah Daop 9 sudah terjadi sejak Kamis (30/5) atau 'H-6' Lebaran 2019 yang bertepatan dengan libur Kenaikan Isa Al Masih, dengan jumlah penumpang sebanyak 7.571 orang," katanya di Stasiun Jember, Sabtu.

Berdasarkan data PT KAI Daop 9 tercatat jumlah penumpang pada "H-10" Lebaran atau 26 Mei 2019 sebanyak 7.272 orang, pada 27 Mei 2019 sebanyak 6.863 orang, kemudian hari berikutnya pada "H-8" Lebaran sebanyak 5.540 orang, dan mengalami peningkatan pada "H-7" Lebaran menjadi 6.684 orang.

Pada "H-6" Lebaran tercatat sebanyak 7.571 penumpang yang menggunakan moda transportasi kereta di wilayah Daop 9, kemudian pada "H-5" Lebaran sebanyak 6.606 penumpang, dan "H-4" Lebaran sebanyak 6.253 penumpang.

"Kepadatan pemudik di beberapa stasiun wilayah Daop 9 terlihat sejak Kamis (30/5) dan diprediksi akan terus terjadi hingga Senin (3/6) karena seluruh rangkaian kereta sudah penuh," ucapnya.

Luqman menjelaskan peningkatan volume penumpang angkutan Lebaran pada masa mudik dan balik Lebaran 2019 diperkirakan akan terjadi sampai dengan 9 Juni 2019 karena berdasarkan data tercatat tiket untuk kereta ekonomi telah terjual habis dan kereta komersial terjual rata-rata 80 persen hingga "H+5" Lebaran.

"Sejauh ini perjalanan kereta api di wilayah Daop 9 Jember selama masa angkutan Lebaran 2019 berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berarti karena petugas melakukan pemeriksaan ekstra di sejumah jalur yang rawan," ujarnya.

Delapan KA yang beroperasional di wilayah Daop 9 Jember yakni KA Mutiara Timur (siang) dengan rute Banyuwangi-Surabaya, KA Mutiara Timur (malam) dengan rute Banyuwangi-Surabaya, KA Sri tanjung rute Banyuwangi-Lempuyangan, KA Probowangi rute Banyuwangi-Surabaya, dan KA Tawang Alun rute Banyuwangi-Malang.

Selanjutnya KA Logawa rute Jember-Purwokerto, KA Ranggajati rute Jember-Cirebon, dan KA Wijayakusuma rute Banyuwangi-Cilacap, sedangkan untuk KA lokal tercatat ada empat kali perjalanan yakni KA lokal Pandan wangi rute Jember-Banyuwangi PP.(*)

Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar