Potensi di OKU Timur ini luar biasa, dan kami sangat senang sekali Polda Sumsel menawari program kerja sama dengan memberdayakan para narapidana
Musi Rawas Utara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, mengembangkan perikanan budidaya dengan memberdayakan puluhan mantan narapidana.

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi di Martapura, Kamis, mengatakan perikanan merupakan satu dari tiga sektor yang terus dikembangkan di kabupaten selain pertanian dan perkebunan holtikultura.

“Potensi di OKU Timur ini luar biasa, dan kami sangat senang sekali Polda Sumsel menawari program kerja sama dengan memberdayakan para narapidana,” kata Kholid.

Ia mengatakan melalui program ini, para narapidana dapat mendapatkan lapangan pekerjaan, yang mana diharapkan dapat menjauhkan mereka dari perbuatan melanggar hukum.

“Dengan begitu, situasi dan kondisi di OKU Timur akan aman dan masyarakat akan bersemangat untuk bekerja dan berkehidupan di sini,” kata dia.

Program pemberdayaan mantan narapidana ini yakni pengembangan budidaya ikan dalam karamba dengan memanfaatkan Daerah Aliran Sungai (DAS), yakni di daerah pesisir Sungai Komering.

Pada tahun ini kegiatan budidaya ikan dalam karamba dialokasikan sebanyak 40 petak yang tersebar di lima kecamatan, diantaranya Kecamatan Martapura yakni di Desa Keromongan dialokasikan lima petak, di Kecamatan BP Peliung yakni di Desa Negeri Pakuan sebanyak lima petak.

Kemudian Kecamatan Madang Suku II yakni di Desa Sukanegara sebanyak 14 petak, Kecamatan BP Bangsa Raja yakni di Desa Anyar sebanyak delapan petak, serta Kecamatan Madang Suku III, di Desa Batumarta VI sebanyak delapan petak.

“Melalui pengembangan budidaya ikan ini, masyarakat bukan hanya mendapatkan manfaat ekonomi tapi juga menjaga potensi perikanan dengan turut melestarikan lingkungan perairan umum di Kabupaten OKU Timur,” kata dia.

Sebelumnya, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengapresiasi program yang dijalankan Pemkab OKU ini yang mau merangkul mantan narapidana.

“Saya sangat mengapreasi apa yang dilakukan Pemkab OKU Timur, karena berkat sinergi ini telah memberikan lapangan pekerjaan bagi mantan narapidana. Kabupaten ini layak menjadi percontohan kabupaten lain,” kata Kapolda.

 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019