Jakarta (ANTARA) - Peneliti Senior Populi Center Afrimadona mengatakan bahwa Ustaz Abdul Somad yang memutuskan untuk memberikan dukungan kepada Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, hanya akan memperkuat pemilih pasangan calon tersebut.

“Tidak akan sampai mempengaruhi dan membuat pendukung pasangan calon nomor urut 01 (Joko Widodo dan Ma’ruf Amin) berpindah ke pasangan calon 02,” kata Afrimadona, saat ditemui usai forum diskusi Hitung Mundur Pemilu 2019, di Jakarta, Jumat.

Menurutnya, simpatisan masing-masing calon presiden dan wakil presiden tersebut mempunyai karakter yang berbeda.

“Di tim paslon 01 itu figur kepemimpinan agama cukup mendominasi bagi mereka yang mana ada Ma’ruf Amin, tapi bagi voternya faktor kepemimpinan agama tidak terlalu berpengaruh,” katanya lagi.

Afrimadona menambahkan bahwa cara pandang masing-masing pendukung pasangan calon nomor urut satu dan dua dalam melihat faktor agama juga sangat berbeda.

“Mereka berbeda, contohnya bagi simpatisan 02 Abdul Somad dianggap tokoh yang berpengaruh dan diidolakan, dan dia (Abdul Somad) memiliki signifikansi yang bebeda dengan tokoh lain, namun di kalangan pendukung paslon 01 Abdul Somad tidak terlalu besar pengaruhnya,” katanya lagi.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa adanya faktor lain seperti pengaruh kedekatan keluarga dan lingkungan sekitar juga secara tidak langsung akan memberikan dampak bagi simpatisan dalam menentukan pilihan.

"Memilih bukan hanya persoalan personal saja, tapi bagian dari sosial juga bahwa saya memilih ini karena ada pengaruh dari keluarga dan lain-lain,” ujarnya lagi.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah, Joko Susilo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019