Pulau Punjung (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, akan menggelar lomba paduan suara dengan tema "kepemiluan" untuk menjaring partisipasi pemilih pemula pada Pemilu Serentak 2019.

"Peserta lomba berasal dari kalangan pelajar SMA, SMK/sederajat di Dharmasraya," kata Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Dharmasraya Doni Kartago di Pulau Punjung, Selasa.

Ia mengatakan, pendaftaran peserta sudah dimulai sejak 17 Februari dan berakhir 26 Februari 2019, sedangkan kegiatan lomba akan dilaksanakan 27 Februari.

Ia menjelaskan, persyaratan peserta di antaranya, grup paduan suara beranggotakan minimal 10 dan maksimal 20 orang, setiap sekolah hanya mewakilkan satu grup paduan suara.

"Grup paduan suara wajib membawakan lagu Mars Pemilu dan jingle pemilu saat pelaksanaan lomba nanti," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, kata dia, KPU Dharmasraya juga akan memberikan edukasi dengan materi seputar kepemiluan kepada pemilih pemula.

Ia berharap kegiatan tersebut disamping meningkatkan partisipasi, juga dapat memberikan pendidikan politik kepada pemilih pemula.

Selain itu, relawan demokrasi yang dibentuk KPU guna meningkatkan partisipasi pemilih telah mulai bekerja, dengan kegiatan sosialisasi setiap basis maupun secara mandiri.

Sebelumnya KPU Dharmasraya telah menerima seluruh suarat pemilu, yang terdiri dari surat suara untuk calon presiden dan wakil presiden, DPD dan DPR RI Dapil Sumbar I, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten Dharmasraya.

Lokasi pemungutan suara di Kabupaten Dharmasraya berjumlah 666 TPS tersebar di 11 kecamatan dan 52 nagari (desa adat), tambah dia.

Baca juga: KPU Banjarnegara intensifkan sosialisasi bagi pemilih pemula
Baca juga: KPU Wondama perkenalkan pemilu ke pemilih pemula
Baca juga: KPU Bangka maksimalkan sosialisasi pemilih pemula

Pewarta: Mario Sofia Nasution/Ilka Jensen
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019