Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca yang masih berpotensi hujan lebat untuk beberapa wilayah di Indonesia tiga hari ke depan hingga Kamis (21/2).

Informasi dari Kabag Humas BMKG Taufan Maulana yang diterima di Jakarta, Selasa menyebutkan, tercatat adanya kondisi di mana massa udara kering dari Belahan Bumi Utara (BBU) melintasi Laut Andaman, perairan Utara Aceh, Aceh, Samudra Pasifik Maluku Utara Papua. 

Kondisi tersebut menyebabkan berkurangnya potensi hujan di wilayah yang dilewatinya namun meningkatkan potensi hujan di depan muka intrusi karena kondisi massa udara lembab/basah.  

Massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa, Bali, NTB, NTT, sebagian Kalimantan, Sulawesi Selatan, Sulawesi barat, SulawesiTengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua. 

Daerah dengan indeks labilitas atmosfer sedang/kuat yaitu di Sumatera bagian Barat dan Selatan, Pesisir Selatan Jawa, Bali, NTT, Kalimantan Utara dan Tengah, Sulawesi bagian Tengah, Papua Barat dan Papua.  Belokan angin di Laut Jawa, Pesisir Selatan Kalimantan, Selat Makassar, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat.

Pada Selasa (19/2) beberapa wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat, yakni Sumatera Utara, Riau, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Untuk hari yang sama wilayah Indonesia juga berpotensi diguyur hujan lebat disertai angin kencang dan petir/kilat, yaitu Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah.

Pada Rabu (20/2) beberapa daerah berpotensi diguyur hujan lebat, di antaranya Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Waspada di hari yang sama beberapa wilayah berpotensi diguyur hujan lebat disertai angin kencang serta petir/kilat, antara lain Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Tengah.

Sedangkan Kamis (21/2) untuk beberapa daerah berpotensi diguyur hujan lebat, yaitu Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Papua

Diimbau juga untuk berhati-hati di hari yang sama hujan lebat yang disertai angin kencang dan kilat/petir berpotensi terjadi di Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Tengah.

BMKG mengimbau pada masyarakat yang berada di wilayah yang berpotensi hujan lebat bahkan disertai angin kencang dan petir/kilat untuk berhati-hati jika beraktivitas di luar ruang.
 
Baca juga: Di Banjarnegara-Jateng, BMKG prakirakan sepanjang Selasa diwarnai hujan lebat dan petir
Baca juga: Warga Bandarlampung evakuasi mobil hanyut terseret banjir
Baca juga: BMKG ingatkan gelombang 2,5 meter di perairan Banggai-Sula

 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019