Veteran Aceh Barat harapkan Indonesia semakin damai

id veteran aceh,lvri

Veteran Aceh Barat harapkan Indonesia semakin damai

Ketua MPR Zulkifli Hasan bersalaman dengan istri veteran kemerdekaan sebelum melakukan tabur bunga ke laut dari buritan kapal KRI 593 Banda Aceh, Jakarta, Senin (10/11). Dalam upacara peringatan hari pahlawan dan tabur bunga di teluk Jakarta tersebut Zulkfli hasan menjadi Inspektur Upacara. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Meulaboh, Aceh (ANTARA News) - Organisasi Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Aceh Barat, Provinsi Aceh menaruh harapan seluruh anak bangsa menjaga kedamaian yang telah terbangun untuk menuju Indonesia yang lebih damai dan maju.

Ketua Ketua LVRI Aceh Barat, Tgk H Ishaq Suham di Meulaboh, Jumat mengatakan, saat ini masih banyak anggota yang tersisa yang dulu ikut berperang merebut kemerdekaan dan mengusir penjajah dan negara harus terus memperhatikan mereka.

"Banyak masih anggota yang berjauhan tempat tinggal dan hampir semuanya sudah lansia, sehingga ada yang masih bisa berkumpul dan ada yang sudah dalam keadaan sakit," kata dia saat diskusi singkat bersama TNI.

Hal itu disampaikannya saat menjamu tamu yakni Komandan Kodim 0105/ Aceh Barat Letkol Kav Nurul Diyanto, Spd, yang berkunjung bersama rombongan ke rumah keluarga veteran usai mengikuti upacara HUT RI ke - 73 di lapangan Teuku Umar.

Pria yang akrab disapa "Ayah" ini, menyampaikan, merebut kemerdekaan dengan berperang sudah mereka lakukan, kini saatnya generasi penerus mengisinya dengan berbagai kegiatan yang positif untuk Indonesia yang lebih baik.

Dirinya turut bangga atas kunjungan Kamandan Kodim 0105 itu. Dia bercerita bagaimana kondisi para veteran lain yang satu angkatan dengan dirinya saat berjuang merebut kemerdekaan kala itu.

Ia berharap pada HUT Kemerdekaan RI ke - 73, Bangsa Indonesia semakin maju damai dan tentram tidak ada perpecahan sebagaimana mereka dahulu saat berperang menghusir penjajah dari Sabang sampai Merauke.

Sementara itu Dandim 0105/ Aceh Barat, Letkol Kav Nurul Diyanto, Spd menyampaikan, kunjunganya ke markas veteran tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada para pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Salam Hormat yang sebesar-besarnya kepada para senior dan Para Pejuang Vetran yang pernah berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia,"katanya.

Nurul Diyanto berkata, apa yang telah dilakukan oleh para veteran harus dihargai karena semangat dan perjuangan mereka sehingga sampai saat ini kita dapat menikmati kesejahteraan, kedamaian dan terbebas dari penjajahan.

Di sela sela perbincangan Pasi Teritorial Kodim 0105 memberikan bantuan berupa sembako dan keperluan lain kepada para vetran di Aceh Barat, sekaligus dalam rangka bhakti sosial menyambut HUT RI Ke - 73 di wilayah kodim 0105/Abar.

Baca juga: Veteran: 73 tahun merdeka, Papua banyak berubah
Baca juga: Menteri BUMN resmikan rumah veteran di NTT

 

Pewarta : Anwar
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar