Magetan (ANTARA News) - Pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak menang tipis dari pasangan calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno dalam rekapitulasi penghitungan suara di Magetan.

Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 tingkat Kabupaten Magetan yang digelar di ruang pertemuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Kamis, pasangan calon Khofifah-Emil mendapatkan 189.442 suara. Sedangkan Saifullah Yusuf-Puti mendapatkan 188.988 suara.

"Selisih hanya sedikit. Jadi selisih persentasenya sangat tipis," kata Ketua KPU Kabupaten Magetan, Hendrad Subyakto sesaat usai mengesahkan hasil penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 tingkat Kabupaten Magetan.

Bila dihitung dari suara sah sebanyak 378.430, maka perolehan suara untuk pasangan calon Khofifah-Emil 50,06 persen. Sedangkan pasangan Gus Ipul-Puti memperoleh 49,94 persen.

Hendrad mengatakan, tugas KPU kabupaten dalam pemilihan gubernur hanya sampai pada tahapan rekapitulasi penghitungan suara untuk tingkat kabupaten.

"Hari ini kami sudah menyelesaikan rekapitulasi pemilihan gubernur dan waki gubernur (Jawa Timur) di tingkat Kabupaten Magetan. Selanjutnya hasilnya akan kami kirim ke KPU Jawa Timur. Nanti KPU Jawa Timur yang akan menetapkan siapa yang unggul," ujarnya.

Dari hasil rekapitulasi suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang dilakukan 18 PPK yang ada di Kebupaten Magetan tersebut, jumlah suara sah sebanyak 378.430, sedangkan suara suara tidak sah sebanyak 25.077.

Pewarta: Louis Rika Stevani dan Siswowidodo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018