Bandung (ANTARA News) - PT KAI daerah operasi (Daop) II berencana menggratiskan tiket bagi anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) untuk memperingati Hari Pahlawan.

"Syaratnya yaitu dengan memberikan fotokopi kartu anggota LVRI atas nama yang bersangkutan kepada petugas loket di Stasiun," ujar Manajer Humas Daop II, Joni Martinus, dalam siaran tertulisnya, Kamis.

Para anggota LVRI dapat menggunakan kereta api secara cuma-cuma khusus keberangkatan KA hari Jumat 10 November 2017, mulai pukul 00.01 WIB untuk kereta api jarak jauh dan jarak menengah baik kereta api bersubsidi (PSO/public service obligation) maupun kereta api komersial.

Menurutnya, bagi veteran yang sebelumnya telah membeli tiket untuk keberangkatan tanggal 10 November, akan mendapatkan pengembalian bea sebesar 100 persen dan dapat diambil di stasiun tujuan atau stasiun kedatangan dengan menyerahkan tiket atau boarding pass ke loket.

"Pengembalian bea ini hanya berlaku selama tiga hari setelah jadwal kedatangan kereta," ujarnya.

Namun hal itu dengan catatan, tiket tersebut dapat dibatalkan namun tidak dapat diubah jadwal (reschedule) dan tidak dapat digabung dengan reduksi atau diskon lainnya.

Perlakuan khusus bagi veteran ini bukan hanya saat peringatan hari pahlawan saja, PT KAI ini sudah memberlakukan tarif reduksi untuk anggota LVRI yaitu sebesar 50 persen pada hari Selasa sampai Kamis, reduksi 30 persen pada hari Jumat sampai Senin, kecuali hari besar atau libur nasional.

"Pemberlakuan tiket gratis di Hari Pahlawan ini sebagai bentuk apresiasi KAI kepada para veteran yang telah berjasa terhadap kemerdekaan RI," katanya.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017