Jakarta (ANTARA News) - BNVLabs, divisi digital dari Bank BUKOPIN, resmi meluncurkan coworking space, ruang kerja bersama di Menara KIBAR, Cikini, demi mendorong startup teknologi finansial (financial technology atau fintech).

"Kami siap membuka sistem perbankan Bank BUKOPIN untuk dimanfaatkan oleh para startup," kata Direktur Pengembangan Bisnis dan Teknologi Informasi Bank BUKOPIN, Adhi Brahmantya, di Jakarta, Kamis.

BUKOPIN bekerja sama dengan KIBAR membentuk tim internal yang disebut Agent of Change, untuk menjalankan program inkubasi bagi startup yang terpilih.

Coworking space yang baru didirikan ini akan memfasilitasi startup yang terpilih untuk menjadi mitra bank tersebut.

Pada kesempatan itu, BUKOPIN dan KIBAR juga mengumumkan delapan startup yang terpilih untuk untuk mengikuti program binaan mereka yaitu Reblood, Jojonomic, eFishery, 8 Villages, Riliv, Pasienia, Olride dan Iwak.

BNVLabs membagi startup menjadi empat segmen sesuai dengan sektor yang menjadi perhatian bank, yaitu agrikultur, pariwisata, pembayaran, serta kesehatan dan pendidikan.

Menurut Adhi, untuk mendorong ekosistem fintech di Indonesia, mereka perlu menyesuaikan diri dan mengubah kebijakan di bank, misalnya mengenai pemberian kredit pada startup yang masih baru, belum memiliki rekam jejak serta jaminan.

Coworking space, ruang kerja bersama, adalah kantor bersama bagi para wirausahawan. Selain untuk bekerja, coworking space juga menjadi tempat bertemu dengan wirausaha lain yang menyewa tempat di sana, berguna untuk memperluas jejaring.

Google juga mendirikan ruang kerja bersama Google Lounge di lokasi yang sama untuk mendorong komunitas serta memperkuat ekosistem startup di Indonesia.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017