Jakarta (ANTARA News) - Kemenkes menganjurkan perempuan deteksi dini kanker serviks, petugas bandara Hasanuddin menggagalkan pengiriman 500 detonator, Hai menjanjikan edisi spesial, atlet Indonesia bertekad mati-matian di kejuaraan Indonesia Terbuka, dan mahasiswa menanam mangrove di Sungai Hitam Bengkulu, menjadi lima berita kemarin yang layak baca.

1. Kemenkes anjurkan perempuan deteksi dini kanker serviks-payudara

Denpasar (ANTARA News) - Kementerian Kesehatan menganjurkan masyarakat, khususnya perempuan, untuk melakukan deteksi dini kanker serviks atau leher rahim dan kanker payudara untuk mencegah angka kesakitan dan kematian.

"Dengan deteksi dini, kejadian kanker dapat ditemukan lebih awal sehingga keberhasilan pengobatannya semakin besar," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Oscar Primadi dalam keterangan tertulis yang diterima di Denpasar, Minggu.

Dia mengingatkan kejadian meninggalnya dua orang publik figur Indonesia akibat kanker serviks dan kanker payudara beberapa hari lalu sebagai pengingat bahwa kanker merupakan epidemi global.

Baca beritanya di sini.

2. Bandara Hasanuddin gagalkan pengiriman 500 detonator

Makassar (ANTARA News) - Petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, menggagalkan pengiriman 500 detonator peledak setelah terdeteksi sinar X.

"Kami menerima laporan dari petugas Avsec bandara bahwa ditemukan tiga paket dibungkus kardus yang diduga detonator," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani di Makassar, Minggu.

Baca berita lengkapnya di sini.

3. Janjikan edisi cetak spesial, Hai ingin layani romantisme mantan pembaca

Jakarta (ANTARA News) - Majalah remaja pria Hai baru-baru ini menerbitkan edisi cetak pamungkas mereka pada 1 Juni 2017 demi berkonsentrasi melalui platform daring, namun pihak redaksi menjanjikan akan menerbitkan edisi cetak spesial di masa mendatang.

Hal itu, kata Acting Editor in Chief Hai, Didi Kaspi Kasim, sebagai upaya untuk melayani romantisme mantan pembaca Hai di masa lalu yang belakangan meramaikan berbagai media sosial dengan tagar #RIPHai menyusul kabar penghentian edisi cetak Hai.

"Sebenarnya itu gua cuma mau melayani romantisme pembaca Hai," kata Didi saat ditemui ANTARA News di kantornya di Jakarta, Senin (5/6) lalu.

Selengkapnya di sini.

Baca juga: Tanya jawab dengan redaksi Hai (2)

4. Indonesia bertekad mati-matian berjuang di kandang

Jakarta (ANTARA News) - Para atlet dan ofisial Indonesia bertekad mati-matian untuk berjuang di hadapan pendukungnya dalam kejuaraan bulu tangkis Indonesia Terbuka 2017 pada 12-18 Juni di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC).

"Segala persiapan sudah dilakukan, sebagai tuan rumah kami berharap kesuksesan dalam penyelenggaraan dan dalam prestasi. Tentu para pemain yang selama ini sudah melakukan persiapan, akan melakukan yang terbaik yang mereka miliki," kata Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto di Jakarta, Minggu.

Berita lengkapnya di sini.

Baca juga: Para unggulan Indonesia terbuka tidak mau terbebani

5. Mahasiswa tanam mangrove di sungai Hitam Bengkulu

Bengkulu (ANTARA News) - Puluhan mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Bengkulu menanam seratusan mangrove jenis Rhizophora apiculata di muara Sungai Hitam, Kota Bengkulu.

Penanaman mangrove ini bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang digelar pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Poltekkes, kata Koordinator aksi penanaman, Atus Karya Dinata di Bengkulu, Minggu.

Ia mengatakan penanaman mangrove di muara Sungai Hitam tersebut diharapkan mampu memperbaiki ekosistem mangrove di wilayah itu.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017