Makassar (ANTARA News) - Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Makassar mengeluhkan gajinya yang hingga berakhirnya bulan Januari ini, gaji dan tunjangannya belum dicairkan.

"Hari ini sudah tanggal 24 dan tadi siang cek rekening, gaji belum juga cair," jelas salah seorang PNS golongan III Rahmat di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, gaji yang harusnya diterima setiap tanggal 1 atau awal bulan belum diterimanya tanpa ada penjelasan mengenai masalah teknis dari unsur pimpinan.

"Hingga hari ini kami belum gajian, namun penyebab pastinya kami tidak tahu karena tidak ada juga penjelasan atau penyampaian dari pimpinan," katanya.

Menurutnya, keterlambatan penerimaan gaji dan tunjangan ini juga berimbas kepada kebutuhan dapur rumah tangganya karena keterlambatan sudah hampir sebulan lamanya.

Kendati kecewa tidak menerima gaji seperti pada bulan-bulan sebelumnya, ia mengaku tidak bisa berbuat banyak dan menunggu pencairan gaji PNS tersebut dan menunggu informasi dari masing-masing kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Makassar Ibrahim Saleh yang dikonfirmasi terpisah mengaku jika dirinya tidak mengetahui lambatnya pencairan gaji dan tunjangan para PNS.

"Saya sudah tandatangani berkas untuk pencairan gajinya dan kalau belum cair mungkin ada kendala di bagian keuangan," singkatnya.

Sedangkan salah seorang pegawai kontrak lainnya yang dimintai tanggapannya mengaku jika gaji terlambat sudah biasa karena memang sistem pencairan gaji antara PNS dan pegawai kontrak biasa tidak bersamaan.

"Kalau kami itu tenaga kontrak di sini sudah biasa kalau terlambat dan biasanya memang itu dirapel. Tapi kalau teman-teman PNS terlambat, berarti mungkin ada hal teknis itu," katanya.

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017