Tahun 2016 kita pertama kalinya menjadi tuan rumah sebuah hajatan pers di mana akan berkumpul semua stakeholder media, jurnalis, pemerhati, organisasi hingga perusahaan bisnis pers."
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia akan menjadi tuan rumah pagelaran forum media internasional 2016 ke empat, bertajuk "Jakarta World Forum for Media Development 2016" yang diselenggarakan lembaga swadaya masyarakat internasional, Dewan Pers dan universitas di Tanah Air.

Anggota Dewan Pers Ratna Komala menyampaikan melalui Jakarta World Forum for Media Development 2016 yang akan dihadiri ratusan praktisi media dari sedikitnya 62 negara, akan dibahas sejumlah persoalan dan tantangan yang dihadapi media massa saat ini.

"Tahun 2016 kita pertama kalinya menjadi tuan rumah sebuah hajatan pers di mana akan berkumpul semua stakeholder media, jurnalis, pemerhati, organisasi hingga perusahaan bisnis pers," ujar Ratna dalam jumpa pers di Gedung Dewan Pers Jakarta, Kamis.

Ratna mengatakan Indonesia dipilih sebagai tuan rumah "Jakarta World Forum for Media Development 2016" karena Indonesia memiliki sejarah perjalanan kebebasan pers yang cukup panjang mulai dari jaman orde baru hingga era reformasi.

Indonesia dipandang sebagai salah satu negara demokratis terbesar dan merupakan simbol transisi kebebasan pers.

"Ini merupakan pengakuan bagi pers Indonesia. Dan bagi kami Dewan Pers, forum ini momentum penting dalam memanfaatkan kebebasan pers untuk berdiskusi menghasilkan sebuah pemikiran-pemikiran bersama untuk melihat masa depan media," jelas Ratna.

Jakarta World Forum for Media Development 2016 akan diselenggarakan di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang pada 20-22 September 2016.

Forum ini akan menghasilkan sejumlah rekomendasi bagi para praktisi media untuk bisa bertahan di tengah munculnya "tsunami" media digital atau sosial media.

Global Forum for Media Development (GFMD) selaku lembaga swadaya masyarakat internasional yang menggagas Jakarta World Forum for Media Development menyatakan banyak isu penting yang perlu diangkat terkait eksistensi media massa saat ini.

Ketua GFMD Leon Willems berharap forum ini akan menjadi wahana berbagi pengalaman, bertukar gagasan dan mendiskusikan hasil-hasil riset yang telah dilakukan selama ini terkait masa depan media massa.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016