Angelina Sondakh tidak mendapatkan remisi karena dia tidak bekerja sama dengan penegak hukum (tidak menjadi Justice Collaborator) sebagai salah satu syarat menerima remisi."
Jakarta (ANTARA News) - Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-71 dirayakan segenap masyarakat  Indonesia dengan suka cita dan gembira.

Di Ibu Kota Jakarta, keceriaan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71 dimulai sejak Rabu pagi. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada upacara detik-detik proklamasi, bendera pusaka, sang saka Merah Putih, terlebih dulu diarak dari Monumen Nasional (Monas) menuju Istana Merdeka dengan menggunakan kereta kencana yang didampingi pasukan berkuda, marching band yang melantunkan musik, dan sejumlah orang berpakaian adat.

Kereta kencana pembawa bendera pusaka tersebut bernama Ki Jaga Raksa, yang berarti Sang Penjaga Hati, milik Kabupaten Purwakarta yang dibuat di Solo pada 2009.

Arak-arakan yang merupakan tradisi baru dalam upacara pengibaran bendera sang saka Merah Putih tersebut menyedot perhatian masyarakat.

Warga pun memadati jalan penghubung Istana Merdeka dan Monumen Nasional untuk menyaksikan parade membawa Bendera Pusaka Merah Putih. Tak lupa juga mengabadikannya lewat kamera maupun ponsel.

Sementara di berbagai tempat, kampung dan perumahan juga menyemarakan dengan berbagai lomba dan acara.

Di area bekas driving range Golf, Senayan, Gelora Bung Karno, digelar pesta rakyat. Panjat pinang menjadi perlombaan populer yang memilik banyak peminat. Sebanyak 345 tiang yang dilumuri oleh oli dan pelumas didirikan untuk perlombaan tersebut. Sedangkan pesertanya mencapai ribuan.

Pesta Rakyat tersebut tidak hanya diisi dengan perlombaan. Pergelaran musik dari berbagai penyayi dan band ternama juga turut menyemarakan. Slank, NOAH, Nidji, JFLOW, Dira Sugandi, Denada, Shandy Sandoro, Iwa K diantara sederat nama-nama lainnya dipanggung tersebut. Selain itu pertunjukan kembang api juga akan memeriahkan pesta rakyat tersebut.

Panjat pinang juga menjadi tradisi warga di sekitar Kalimalang dalam merayakan hari kemerdekaan. Setiap tahun, di sungai di daerah Kalimalang, ratusan warga turut serta memeriahkan perlombaan yang menyediakan berbagai hadiah tersebut. Di Kalimalang, tiang untuk panjat pinang didirikan di tengah sungai.

Pada perayaan kali ini, karena kedalaman sungai sekitar 2 meter dan arusnya deras, panitia mewajibkan para peserta bisa berenang.

Tidak hanya penduduk lokal, namun wisatawan mancanegara juga turut serta dalam keceriaan di hari kemerdekaan.

Di Jalan Jaksa, Jakarta Pusat misalnya, sejumlah wisatawan manca negara tidak sungkan turut memeriahkan berbagai macam jenis lomba tradisional. Mereka secara spontan mengikuti perlombaan yang digelar di depan salah satu kafe di objek wisata malam yang melegenda tersebut.

Seperti ditunjukkan Paulina (25), wisman asal Jerman, yang sejak beragam lomba digelar hanya berdiri mematung bersama kekasihnya, Leonard (26), di pinggir Jalan Jaksa yang ditutup untuk kendaraan bermotor sejak siang hari.

Begitu memasuki lomba tusuk balon dalam keadaan mata tertutup pada putaran terakhir digelar, gadis berambut pirang tersebut tidak kuasa menolak ajakan panitia untuk bergabung dalam lomba tersebut.


Tempat Wisata

Semarak menyambut HUT Kemerdekaan juga dirasakan di sejumlah tempat tujuan wisata masyarakat Ibukota.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) misalnya menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 30 ribu orang pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-71. Jumlah tersebut di atas rata-rata jumlah pengunjung pada hari kerja dan akhir pekan. "Kalau hari biasa, jumlah pengunjung TMII berkisar lima ribu orang hingga 10 ribu orang. Kalau akhir pekan Sabtu dan Minggu bisa mencapai 20 ribuan orang per harinya," kata Koordinator Unit Badan Pelaksana Pengelola (BPP) Taman Mini Indonesia Indah, Diyono.

Di kawasan ini digelar berbagai acara. Di Anjungan Bengkulu misalnya, acara pentas lagu daerah. Sementara di Anjungan Jatim, hadir duta seni dari Jombang dan Lamongan. Di Anjungan Jawa Barat ada kreasi tari sanggar. Selain itu, di TMII juga digelar pesta rakyat, tradisi seni dari Jawa Barat seperti Jajangkungan dan Sisingaan. Tak lupa perlombaan panjat pinang bagi para pengunjung.

Sementara Kawasan Wisata Ancol diserbu warga sejak pagi hari. Antrean panjang kendaraan baik roda dua dan empat di pintu masuk utama dan jalan-jalan utama.

Humas Ancol Taman Impian Rika Lestari mengatakan sejak dibuka pagi hingga pukul 15.00 WIB sudah 78.200 pengunjung memasuki kawasan wisata di pantai utara Jakarta tersebut.

Pengelola Ancol Taman Impian, Jakarta, memusatkan kegiatan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-71 di Pantai Carnaval dengan acara bertajuk "Pesta Rakyat Merdeka" yang berisi berbagai kegiatan khas peringatan yang kerap disebut tujuh belasan itu. Di pantai Carnaval inilah lomba panjat pinang kolosal dengan total pohon pinang mencapai 171 pohon digelar.


Remisi

Suasana perayaan kemerdekaan juga dirasakan di hotel prodeo saat HUT Kemerdekaan tiba. Di setiap perayaan hari bersejarah tersebut, akan diumumkan para narapidana yang mendaptakan remisi (pengurangan hukunman).

Pada HUT Kemerdekaan kali ini, Pemerintah Indonesia memberikan remisi kepada 82.015 narapidana di seluruh Indonesia dari 131.954 narapidana yang menjalankan masa hukumannya di berbagai lembaga permasyarakatan (lapas) dan ada 67.426 tahanan di berbagai rumah tahanan.

Jumlah tersebut dibagi dalam dua remisi yaitu remisi umum I sebanyak 78.487 narapidana dan remisi umum II sebanyak 3.528 narapidana, remisi umum II ini narapidana langsung bebas, kata Menteri Hukum dan Hak Asasai Manusia Yasonna Laoly usai memimpin upacara di kantor Kemenkumham RI, Jakarta, Rabu.

Di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, sebanyak 1.024 narapidana dari 2.846 penghuni lapas mendapatkan remisi di HUT Kemerdekaan RI ke-71.

"Yang kami usulkan ada 1.024 orang dan semuanya mendapat remisi. Untuk tindak pidana umum, ada 343 orang yang mendapat remisi, sedangkan tindak pidana narkotika 681 orang," kata Kepala Bidang Pembinaan Narapidana Lapas Cipinang Chandran Lestiyono.

Sementara di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II A di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Pondok Bambu dari 892 penghuni yang terdiri dari 319 narapidana dan 565 tahanan, 184 narapidana perempuan mendapat remisi.

Pelaksana Tugas Harian Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Pondok Bambu Ari Budianingsih nama-nama tersangkut kasus korupsi seperti Angelina Sondakh dan mantan anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Hanura Dewie Yasin Limpo tidak mendapatkan remisi.

"Angelina Sondakh tidak mendapatkan remisi karena dia tidak bekerja sama dengan penegak hukum (tidak menjadi Justice Collaborator) sebagai salah satu syarat menerima remisi," kata Ari.

Oleh Tim Antara
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016