...Indonesia adalah negara maritim yang memiliki perairan yang luas dan kaya ...."
Bandarlampung (ANTARA News) - Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya di Lampung mengadakan kuliah umum dan diskusi bersama dengan Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera, Y Robert Ewing, dan pembicara dari Schmid Ocean Institute (SOI) Carlie Wiener.

Menurut informasi dari Konsulat AS dalam kunjungan di Bandarlampung, Kamis, pelaksanaan kuliah umum itu akan berlangsung di Aula Gedung Pascasarjana IBI Darmajaya, Jumat (19/6).

Kegiatan seperti ini gratis dan terbuka untuk umum.

Kuliah umum dan diskusi itu mengusung tema "Peran Sains dan Teknologi serta Keterlibatan Pemuda dalam Upaya Penguatan Maritim Indonesia sebagai partner Amerika Serikat", selain mengundang mahasiswa IBI Darmajaya, perwakilan BEM perguruan tinggi di Lampung, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Provinsi Lampung, Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, serta Komandan Pangkalan Laut Provinsi Lampung.

Staf Ahli Politik dan Ekonomi Konsulat Amerika di Medan, Rachma Jaurinata menerangkan bahwa kapal riset milik AS, yaitu Kapal Falkor dari Schmid Ocean Institute (SOI) sedang berlabuh di Sumatera.

Kapal ini adalah kapal yang melakukan penelitian di perairan Indonesia bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

"Perwakilan Schmid Ocean Institute atau SOI, yakni Carlie Wiener berbagi ilmu pengetahuan dan wawasan baru kepada pemuda Indonesia khususnya mahasiswa di Lampung terkait peran sains dan teknologi dalam penelitian kemaritiman yang dilakukan AS bekerjasama dengan LIPI," ujarnya pula.

Rachma menambahkan, kegiatan ini adalah bagian dari bentuk kemitraan komprehensif antara Indonesia dan AS di bidang riset dan teknologi, dalam upaya penguatan maritim Indonesia sebagai partner AS.

"Diharapkan pemuda Indonesia dapat terlibat dalam upaya penguatan maritim di Indonesia ini. Salah satunya dengan membuka wawasannya tentang sains dan teknologi yang diterapkan pada kemaritiman, serta menjaga habitat kelautan Indonesia agar kelestarian alam bawah laut tetap terjaga," ujar dia.

Pada acara ini turut hadir konsultan pendidikan dari Education USA berdomisili di Indonesia, Jefry Jeo yang akan berbagi informasi beasiswa pendidikan baik dari pemerintah maupun swasta yang dapat digunakan bagi mahasiswa Indonesia ingin studi lanjut di AS.

Kepala Kantor Hubungan Internasional IBI Darmajaya, Rahmalia Syahputri mewakili Rektor IBI Darmjaya Dr. Andi Desfiandi, SE MA menyatakan bahwa mahasiswa sebagai generasi muda harus ikut terlibat dan berperan dalam penguatan maritim di Indonesia.

"Kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara maritim yang memiliki perairan yang luas dan kaya akan hasil perairannya. Tentu potensi ini harus dijaga oleh seluruh masyarakat, termasuk pemuda Indonesia untuk ikut berperan dan terlibat agar kekayaan maritim yang kita miliki tidak menjadi rusak dan hilang," katanya lagi.

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015