Depok (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) melakukan wisuda Program Sarjana dan Program Vokasi serta program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor semester Gasal tahun akademik 2013/2014 dengan jumlah total sebanyak 3.720 wisudawan.

Pejabat Rektor UI Muhammad Anis dalam sambutannya di Balairung UI Depok, Sabtu memberikan apresiasi kepada para wisudawan yang berhasil menyelesaikan studinya di UI serta mengajak para alumni untuk memperkuat nama UI dengan berkontribusi membangun peradaban Indonesia maupun dunia yang lebih baik.

"Dalam rangka menuju The Next Level of Excellence dan mencapai World Class Research University, UI telah mempersiapkan para lulusannya untuk menghadapi era internasionalisasi dan globalisasi melalui bidang keilmuannya masing-masing," ujarnya.

Pada upacara wisuda Program Sarjana dan Vokasi dihadiri oleh 1.942 wisudawan yang terdiri atas 52 wisudawan program Vokasi/Diploma, 1.252 wisudawan Program Sarjana Reguler, 257 wisudawan Sarjana kelas Paralel, 56 wisudawan Sarjana Kelas Internasional dan 325 wisudawan Sarjana Ekstensi.

"Para mahasiswa penerima Bidik Misi angkatan pertama (tahun 2010) yang lulus pada wisuda semester gasal ini sebanyak 68 orang. Mereka berhasil menyelesaikan studinya dalam waktu 7 semester dimana 36 orang (52 persen) diantaranya lulus dengan predikat cumlaude," katanya.

Sementara itu Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko mengatakan pada program Sarjana Reguler yang berhasil mendapatkan predikat cumlaude sebanyak 261 wisudawan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi diraih oleh Nuraini Rahayuning Wulan dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) program studi Bahasa dan Kebudayaan Korea dan Nur Ika Rahayu Purbasari dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) program studi Ilmu Komunikasi yang keduanya meraih IPK 3.95.

Sedangkan predikat lulusan termuda dengan predikat cumlaude diraih oleh Shahnaz Safitri yang berhasil lulus dari Fakultas Psikologi program studi Psikologi dengan IPK 3.79 pada usia 19 tahun 11 bulan.

Untuk program Sarjana Kelas Internasional, predikat cumlaude diraih oleh empat wisudawan dengan IPK tertinggi diraih oleh Satrya Pinandita dari FISIP program studi Ilmu Komunikasi dengan IPK 3.99.

"Pada program Sarjana Kelas Paralel, sebanyak 54 wisudawan meraih predikat cumlude dengan IPK tertinggi diraih oleh Judika Margaretha dari FISIP program studi Ilmu Komunikasi dengan IPK 3.87," jelasnya.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014