Pada era digital saat ini media massa makin tumbuh dan berkembang sangat besar.
Medan (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan media konvensional telah memberikan perkembangan yang cukup baik dan menorehkan tinta emas di Indonesia.

"Media konvensional ini juga disebut media massa, yaitu media yang bisa menyebarkan pesan atau informasi kepada masyarakat dengan secara bersama-sama dan jangkauan yang relatif luas," ucap Johnny pada Konvensi Media Massa dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, Sumatera Utara, Rabu (8/2).

Dengan adanya media konvensional, kata Johnny G. Plate, masyarakat mendapatkan informasi dari media cetak dan media penyiaran. Namun, dalam berkembangnya media komunikasi konvensional, muncullah media baru (new media).

Johnny menjelaskan bahwa media baru adalah media komunikasi yang menggunakan internet dan teknologi digital atau komputer sebagai alat untuk pengoperasiannya.

"Media baru tersebut tercipta dan berkembang setelah terjadi kemajuan yang sangat pesat dalam teknologi komunikasi, khususnya pada teknologi digital atau komputer dan internet," katanya.

Menkominfo optimistis bahwa pers nasional mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan ekonomi Indonesia yang semakin lebih maju. 

Pemerintah juga berharap ekonomi nasional tumbuh mencapai 5,31 persen meski ada dampak melemahnya ekonomi global.

"Pada era digital saat ini media massa makin tumbuh dan berkembang sangat besar. Bahkan, antara media massa juga terjadi persaingan yang sangat ketat," jelasnya.

Kominfo berharap media massa agar dapat bekerja sama dengan pemerintah dalam mewujudkan pembangunan nasional yang makin maju dan berkembang.

"Selanjutnya dapat mewujudkan pers bebas demokrasi yang bermartabat," kata Johnny.

Baca juga: Menkominfo optimis industri pers sumbang pertumbuhan ekonomi nasional
Baca juga: Dewan Pers ingatkan media tidak lupa misi utama

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023