Marilah kita tetap ceria, selalu berdedikasi dalam semua aktivitas, baik di sekolah, kampus, tempat pekerjaan, maupun lainnya dan berusaha mencapai prestasi dalam bidang yang ditekuni
Jakarta (ANTARA) - Ketua Kwarnas (Kakwarnas) Gerakan Pramuka Budi Waseso mengajak seluruh anggota Pramuka untuk selalu berdedikasi dan tetap ceria dalam menjalin persaudaraan dengan sesama anak bangsa.

"Hal ini sesuai dengan tema Jambore Nasional XI 2022 yakni 'Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi'," katanya dalam acara Peringatan Hari Pramuka 2022 yang diakses secara daring dari Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan tema Jambore Nasional XI 2022 perlu diterapkan oleh semua anggota gerakan Pramuka terutama para peserta didik di seluruh wilayah Indonesia.

"Marilah kita tetap ceria, selalu berdedikasi dalam semua aktivitas, baik di sekolah, kampus, tempat pekerjaan, maupun lainnya dan berusaha mencapai prestasi dalam bidang yang ditekuni," katanya.

Dia mengatakan, gerakan Pramuka sangat penting dalam mendidik kaum muda Indonesia agar dapat menjadi pemuda-pemuda yang berkarakter baik dan bertakwa serta mengabdi pada NKRI.

"Anggota Pramuka juga perlu terus meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan serta berkomitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan pramuka yaitu Satya dan Darma Pramuka," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa Jambore Nasional XI diadakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur.

Dalam acara yang digelar dari 14-21 Agustus 2022 ini, kata dia, dimeriahkan berbagai kegiatan antara lain kampung pengembangan berkelanjutan, keterampilan kepramukaan, teknologi, seni dan budaya, kampung digital dan komunitas awan, petualangan air dan wisata edukasi.

"Selain itu juga dilakukan kegiatan bakti masyarakat berupa jambanisasi dan pembagian bahan pokok sembako kepada warga sekitar yang akan dilaksanakan oleh para pembina pendamping," katanya.

Selain itu, kata dia, di Buperta Cibubur disiapkan kebun buah dan kebun tanaman keras Nusantara.

Sebelumnya Kakwarnas  mengatakan sebanyak 11 ribu Pramuka penggalang dari seluruh daerah di Indonesia mengikuti jambore nasional tersebut.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku sesuai dengan ketentuan selama pandemi COVID-19.

Peserta sudah mendapatkan vaksinasi, minimal dosis kedua dan menyertakan hasil tes swab PCR atau antigen sesuai dengan kebijakan pemerintah tentang perjalanan dari daerah masing-masing ke Cibubur, Jakarta, demikian Budi Waseso.

Baca juga: 11 ribu Pramuka Penggalang ikuti Jambore Nasional

Baca juga: Kwarcab Kabupaten Jayapura kirim 18 anggota ke Jambore Nasional XI

Baca juga: Dubes RI lepas kontingen gudep Kuala Lumpur ke Jamnas Pramuka XI

Baca juga: Pramuka Indonesia ikuti program pertukaran pemuda ke India

 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022