Ini (ikan) kan sumber gizi sehingga ibu-ibu hamil itu kita harapkan asupan gizinya terjaga
Semarang (ANTARA) -
Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang juga menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, bersama sejumlah kader PDIP menebar benih ikan di Waduk Jatibarang, Semarang, Kamis, sebagai bentuk dukungan terhadap program nasional penurunan angka tengkes.

PDIP mendorong seluruh kader membantu percepatan program nasional gotong royong membangun kampung keluarga berkualitas (KKB), apalagi isu "stunting" atau tengkes masih menjadi salah satu faktor yang berpengaruh.

"Kami akan coba turunkan 'stunting' sehingga kader semuanya bergerak, maka kami yang ada di pemerintah ini diminta untuk bergerak," kata Ganjar usai menebar benih ikan.

Baca juga: Jateng terima penghargaan inovasi pengelolaan zakat terbaik nasional

Sebagai kader yang mengemban tugas di
pemerintah daerah, Ganjar juga terus mendorong warganya agar memiliki kesadaran tinggi untuk mendeteksi tengkes sejak dini.

"Kami yang ada di pemerintah ini diminta untuk bergerak sehingga kita akan membuat kampung-kampung gotong royong untuk mereka bisa mendeteksi sejak dini agar tidak terjadi 'stunting'," ujarnya.

Baca juga: Ganjar pastikan pelaksanaan PTM penuh berjalan baik

Ganjar menyebut benih ikan yang disebar bersama Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanto Rahayu serta sejumlah tokoh PDIP Semarang dan Jawa Tengah merupakan bantuan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Tadi kita menyebar benih ikan bantuan dari Ibu Megawati dengan satu harapan nanti bisa dipancing, dinikmati, dibagikan kepada mereka yang membutuhkan," katanya.

Baca juga: Ganjar-Pangkoarmada cek vaksinasi anak di KRI Surabaya 591

Pencegahan tengkes, lanjut Ganjar, tidak bisa lepas dari pentingnya menjaga asupan gizi kepada ibu hamil.

"Ini (ikan) kan sumber gizi sehingga ibu-ibu hamil itu kita harapkan asupan gizinya terjaga," ujar mantan Anggota DPR RI itu.

Selain itu, kader PDIP juga diharapkan gotong royong membantu program yang dicanangkan pemerintah terkait persoalan itu, bahkan di Jawa Tengah ada Program Jateng "Gayeng Nginceng Wong Meteng".

Baca juga: Bulog bantu 5,34 ton beras fortifikasi untuk tangani tengkes di Kendal

Ganjar menilai, menyebar benih ikan jadi salah satu cara paling strategis dalam upaya pencegahan tengkes.

"Menurut saya ini bagian dari cara paling strategis kan memeliharanya juga gampang. mendapatkannya juga gampang sehingga asupan gizinya cukup, kalau cukup semua ya insyaallah sih beres," katanya.

Baca juga: BKKBN fokus pada upaya pencegahan tengkes sejak dini

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022