Kota Bogor (ANTARA) - Ketua Himpunan Alumni IPB Walneg S. Jas mengutarakan pada era kepemimlinannya 2021-2025 memiliki lima misi utama yang di antaranya mengembalikan alumni-alumni terbaik institut pertanian itu ke kampung halaman masing-masing untuk berkiprah memajukan ekonomi daerahnya.
 

 
 
"Kita ingin alumni tidak lagi tertarik bekerja dan berprofesi di ibu kota, tetapi bertani berwirausaha di kampungnya, Insya Allah ini terwujud di periode ini," kata Walneg S. Jas saat memberikan sambutan pelantikannya menjadi Ketua Umum HA IPB 2021-2025 di Hotel Salak, Kota Bogor, Minggu.

 
 
 

 
 
Walneg menyampaikan hal itu di hadapan sekretaris jendralnya Sukma Kamajaya, ratusan pengurus dewan pimpinan pusat (DPP) HA IPB masa kepemimpinannya dan juga tamu undangan antara lain Rektor IPB Arif Satria, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto yang juga merupakan alumni IPB.

 
 
 

 
 
Hadir pula, Ketua HA IPB periode 2017-2021 Fathan Kamil yang kini ditetapkan menjadi Ketua Dewan Pengawas organisasi tersebut dan sejumlah tokoh lainnya.

 
 
 

 
 
Walneg melanjutkan selain konsentrasi kepada alumni, misi lainnya adalah HA IPB akan meningkatkan perhatian kepada calon alumni dengan memberikan minimal 1.000 beasiswa bagi mahasiswa IPB.

 
 
 

 
 
HA IPB juga akan menyelenggarakan pameran produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) alumni IPB ke luar negeri.

 
 
 

 
 
Pembukaan gerai-gerai produk dan usaha alumni IPB pun menjadi target periode ini dengan berkolaborasi mal-mal besar yang ada di seluruh Indonesia untuk memperkenalkan produk-produk unggulan anak bangsa.

 
 
 

 
 
Selain itu, HA IPB akan mendorong model pertanian terintegrasi yang bisa dikolaborasikan dengan telah memiliki 200 dewan pimpinan cabang (DPC) dan 32 dewan pimpinan daerah (DPD) di seluruh wilayah Indonesia.

 
 
 

 
 
Walneg optimis akan mampu menambah jumlah DPC menjadi 300 dan DPD menjadi 34 pada periode kepemimpinannya.

 
 
 

 
 
"Jadi itu antara lain cita-cita kita, tentu semua ini harus didukung semua stakeholder," ujar Walneg.

 
 
 

 
 
Walneg S. Jas bersama Sukma Kamajaya memenangkan pemilihan pasangan ketua dan sekretaris jendral HA Alumni 2021-2025 melalui pemungutan suara dalam Musyawarah Nasional (Munas) ke-VI Himpunan Alumni IPB di gedung IPB International Convention Center (ICC) yang berlangsung pada tanggal 17-20 Desember 2021.

 
 
 

 
 
Mereka mengalahkan tiga pasangan lain yakni Atep N. Subandar dan Dadang Romansah, Audy Joinaldy dan Dudi Fitri Susandi, Tri Mumpuni dan Bayu Asih Yulianto.

 
 
 

 
 
Hdir dalam acara pelantikan kepengurusan baru, Ketua HA IPB periode 2017-2021 Fathan Kamil menyampaikan sambutannya berupa harapan bagi kepemimpinan ke depan.

 
 
 

 
 
Fathan berharap Walneg S. Jas dan pengurus baru lain bisa melanjutkan kebaikan yang telah dimulai HA IPB sebelumnya dengan lebih terorganisasi agar memberikan dampak yang besar.

 
 
 

 
 
"Apakah mungkin, sangat mungkin," ujarnya.

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022