Kami ke tempat penemuan nanti malam jam 20.00 WIB untuk menyaksikan langsung proses pengangkatan kembali nisan
Sumatera Selatan (ANTARA) - Arkeolog yang tergabung dalam Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Palembang, Sumatera Selatan, bakal meneliti lebih lanjut penemuan batu nisan diduga makam kuno zaman Kesultanan Palembang.

Batu nisan tersebut ditemukan secara tidak sengaja oleh para pekerja PT Waskita Karya saat melakukan penggalian untuk proyek galian instalasi IPAL di kawasan 16 Ilir, Palembang, pada Rabu (12/1) dan beredar di grup media sosial whatsapp melalui video penemuan berdurasi 19 detik pada Jumat (14/1).

Kepala TACB Palembang Retno Purwati di Palembang, Senin, mengatakan berdasarkan hasil rapat yang difasilitasi Dinas Kebudayaan Kota Palembang dan dihadiri oleh pihak PT Waskita Karya, tim arkeolog sudah mendapatkan izin untuk memeriksa batu nisan tersebut.

Baca juga: Pujakesuma dan Kesultanan Palembang bahas potensi makam raja

"Kami ke tempat penemuan nanti malam jam 20.00 WIB untuk menyaksikan langsung proses pengangkatan kembali nisan, sehingga bisa diperiksa lebih lanjut. Karena nisan itu telah dikuburkan lagi oleh pekerja Waskita untuk langkah pengamanan dan agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," kata Retno yang juga arkeolog dari Kantor Arkeologi Sumatera Selatan.

Menurut dia, pihaknya belum melihat secara langsung nisan tersebut sehingga belum dapat memastikan apakah benar batu nisan tersebut merupakan peninggalan zaman Kesultanan Palembang.

Baca juga: Benteng Kuto Besak masih sebagai pajanganKota Palembang

Namun, lanjutnya, berdasarkan bentuk dan tulisan di batu nisan yang dilihatnya dalam video yang beredar dan dicocokkan dengan lokasi penemuan tersebut tidak menutup kemungkinan itu benar memang benda penting dan bersejarah.

"Kemungkinan bisa saja benar karena memang lokasi penemuannya (di 16 Ilir) berada di dekat bekas Keraton Beringin Janggut," imbuhnya.

Baca juga: Meriam langka dipamerkan di museum Kota Palembang

Ia memperkirakan batu nisan tersebut peninggalan masa Gede Ing Suro abad ke-16 dan abad ke-19. Sebab nisan bertipe Demak dan bertulisan menggunakan Aksara Jawi banyak ditemukan di Palembang seperti di Kawah Tengkureb, Kebon Gede dan Sabokingking.

"Terlepas nantinya apakah benar nisan itu dari dulunya ada di situ atau proses karena transformasi atau pemindahan baru. Lihat nanti malam, mudah-mudahan cuaca mendukung," kata dia.

Baca juga: Balai Arkeologi Sumsel teliti pengaruh Hindu Budha pada makam Muslim

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022