Jakarta (ANTARA) - Puskesmas Kecamatan Tanah Abang menyatakan warga lanjut usia (lansia) antusias mengikuti program vaksinasi penguat (booster) pada dosis ketiga berdasarkan peningkatan yang berpartisipasi.

Camat Tanah Abang Dicky Suherlan mengatakan Puskesmas Tanah Abang telah melayani pemberian vaksin booster sejak Rabu kemarin, namun hanya sembilan warga yang datang.

Baca juga: Jakarta kemarin, vaksinasi booster hingga sirkuit Formula E

"Saat ini hari kedua dan kita bisa lihat kehadiran cukup besar dan sangat antusias dari warga yang akan divaksin booster. Kemarin hari pertama hanya sembilan orang," kata Dicky saat ditemui di Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, Jalan D. Tondano Jakarta Pusat, Kamis.

Dicky menjelaskan bahwa tingginya antusias warga setelah petugas mensosialisasikan vaksin booster atau vaksin dosis ketiga, bersama perangkat daerah, seperti RT/RW dan FKDM.

Kepala Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, Sari Ulfa, mengatakan pihaknya menyediakan 125 dosis per hari dengan jenis vaksin Pfizer dan Moderna.

Vaksin Pfizer digunakan sebagai booster untuk warga lansia dan 18 tahun ke atas yang sebelumnya mendapat vaksin Sinovac pada dosis pertama dan kedua.

Sementara vaksin Moderna digunakan untuk warga yang mendapatkan vaksin AstraZeneca pada dosis pertama dan kedua.

Baca juga: Puskesmas Menteng siapkan 200 dosis vaksin booster Moderna dan Pfizer

Namun, warga wajib menunjukkan tiket elektronik yang dikirimkan secara sistem lewat aplikasi PeduliLindungi.

"Sekarang masih 'by system'. Jadi hanya yang mempunyai tiket elektronik dari PeduliLindungi yang bisa kami vaksin, kalau tidak punya, mereka tidak bisa divaksin. Ini untuk mengatur supaya tidak langsung membludak antrean vaksin booster," tutur Sari Ulfa.

Salah satu warga, Sudasi Harsono (71) mengatakan dirinya antusias terhadap program vaksin booster, apalagi dia sudah melengkapi vaksin dosis kedua lebih dari 6 bulan.

"Saya sudah lebih dari 6 bulan sejak dosis kedua. Makanya langsung datang ke sini begitu tahu Puskesmas melayani booster. Saya kira vaksin booster penting untuk menjaga imun kita lebih kuat," kata dia.

Adapun jadwal penyuntikan vaksin booster di Puskesmas Tanah Abang, yakni jenis Pfizer dibuka setiap Senin, Rabu dan Jumat, sedangkan Moderna setiap Selasa dan Kamis.

Baca juga: Puskesmas Cempaka Putih wajibkan lansia miliki tiket vaksin "booster"

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022