merupakan bentuk perjuangan kami melawan mafia tanah
Gresik, Jatim (ANTARA) - Kabupaten Gresik, Jatim menargetkan menjadi kabupaten "lengkap" pertama di Indonesia tahun 2022, untuk mendukung program Indonesia Lengkap' yang dicanangkan dalam rangka implementasi Instruksi Presiden No.2 tahun 2018 terkait percepatan Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL).

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Gresik, Asep Heri di Gresik, Senin mengatakan, untuk mengejar target itu pada tahun 2022 BPN Gresik menargetkan pencatatan di 58 desa dan 3 kecamatan, rinciannya Kecamatan Balongpanggang sebanyak 25 desa, Kecamatan Benjeng sebanyak 23 desa, dan Kecamatan Menganti untuk sementara 10 desa.

Bidangan yang akan dirancang pada tahun 2022, kata dia, sebanyak 45.000 peta bidang, dan 40.000 sertifikat atas hak tanah.

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani optimistis target itu bisa dicapai di tahun 2022, dengan berupaya melakukan percepatan PTSL bagi masyarakat.

"Data berbasis bidang menjadi harta karun masa kini. Ini juga merupakan bentuk perjuangan kami melawan mafia tanah, dan tentunya sebagai usaha pemenuhan hak bagi masyarakat untuk mendapatkan legalitas yang jelas. Oleh karenanya, manfaatnya akan sangat besar untuk masyarakat," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi bagikan 2.020 sertifikat tanah di Jatim
Baca juga: Presiden: Seluruh tanah Gresik bersertifikat 2024, nasional 2025
​​
Sementara itu, Kakanwil BPN Provinsi Jatim, Jonahar menegaskan Gresik akan menjadi percontohan skala nasional untuk kolaborasi yang apik antarsektor dari pemerintah, universitas serta Kepolisian dan TNI.

Jonahar juga mendukung tercapainya target "Gresik Lengkap" tahun 2022, karena apabila target itu tercapai, akan menjadi kabupaten pertama di Indonesia yang meraih target tersebut.

"Kabupaten Gresik 'lengkap' sejatinya akan memberikan manfaat bagi masyarakat, karena akan memberikan rasa aman dan kepastian bagi masyarakat pemegang sertifikat," terangnya.

Sebelumnya, PTSL adalah suatu program serentak yang dilaksanakan pemerintah untuk memberikan jaminan kepastian hukum dan hak atas suatu tanah milik masyarakat secara gratis.

Baca juga: Presiden Jokowi diagendakan bagikan 3.200 sertifikat tanah di Gresik
Baca juga: Sofyan Djalil targetkan semua tanah di Gresik tersertifikat pada 2024
Baca juga: Gubernur Jatim serahkan sertifikat tanah pengungsi Sampang




Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022