Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Fairid Naparin mengatakan jumlah pasien positif COVID-19 di daerah itu tersisa tiga orang.

"Data yang dirilis Satgas COVID-19 Kalteng dari total 13.128 pasien positif COVID-19, tinggal tiga warga Palangka Raya yang menjalani perawatan," kata Fairid di Palangka Raya, Rabu.

Tiga orang yang masih terkonfirmasi positif COVID-19 itu, dua orang sedang menjalani perawatan di rumah sakit dan satu lainnya menjalani isolasi mandiri.

Fairid yang juga Ketua Satgas COVID-19 "Kota Cantik" itu menambahkan dari jumlah pasien positif tersebut, tercatat akumulasi pasien sembuh dari paparan virus itu mencapai 12.607 orang.

Baca juga: Pemkot tiadakan perayaan malam pergantian tahun baru

Baca juga: Pasien COVID-19 di Palangka Raya tersisa tiga orang


Meski tingkat kesembuhan terus meningkat kepala daerah termuda di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah itu pun meminta masyarakat setempat tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Terlebih lagi Satgas COVID-19 juga mencatat, dari seluruh kasus positif yang ada, sebanyak 518 orang di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini meninggal dunia usai terpapar virus corona.

Data tersebut berhasil dihimpun oleh tim kesehatan tingkat Kota Palangka Raya yang kemudian dilaporkan Satgas COVID-19 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Penurunan kasus positif COVID-19 tersebut, menurut dia, bentuk keseriusan pemerintah kota dalam melakukan penelusuran kontak erat antara masyarakat dengan pasien positif.

Sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui tim gugus tugas terus melakukan berbagai upaya mulai dari sosialisasi, deteksi dini, pengamanan hingga penanganan kasus.

Masyarakat di wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah juga diminta selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 sebagai upaya meminimalkan potensi dan mencegah mata rantai penyebaran COVID-19 yang tak kunjung usai.

Sementara itu untuk tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dari 13 kabupaten dan satu kota yang ada, akumulasi pasien positif COVID-19 sampai saat ini tercatat 46.719 orang.

Dari jumlah itu tercatat 45.118 pasien dinyatakan sembuh, 1.588 orang meninggal. Kemudian 13 sisanya masih dalam perawatan, yang mana enam pasien di rumah sakit dan tujuh lainnya melakukan isolasi mandiri.*

Baca juga: Akademisi FISIP UMPR apresiasi penanganan COVID-19 di Palangka Raya

Baca juga: 23 Kelurahan di Palangka Raya zona hijau penyebaran COVID-19

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022