Ini adalah prestasi yang sungguh luar biasa
Gorontalo (ANTARA) - Objek wisata religi Bubohu, Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo meraih juara dua nasional untuk kategori Desa Wisata Berkembang pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

"Alhamdulillah Desa Wisata Religi Bubohu keluar sebagai juara kedua ADWI 2021. Ini adalah prestasi yang sungguh luar biasa," kata Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim usai menghadiri Malam ADWI 2021 di Ciputra Artpreneur, Rabu.

Idris mengatakan prestasi itu merupakan buah dari kerja keras, sinergi, dan kolaborasi antara Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo, pemerintah desa, kelompok sadar wisata, dan seluruh masyarakat Desa Bongo.

Idris berharap prestasi tersebut bisa memotivasi desa-desa lainnya untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya untuk kesejahteraan masyarakat.

"Saya berharap jangan hanya sampai pada kejuaraan ini. Tetapi terus berkesinambungan agar desa wisata religi Bubohu semakin mendunia dan menarik minat wisatawan baik nusantara maupun mancanegara untuk datang berkunjung,” terang Idris.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang mewakili Presiden Joko Widodo dalam sambutannya pada malam pengumuman ADWI itu mengatakan, desa wisata menjadi sangat penting karena ke depan yang didorong oleh pemerintah pada masa pandemi COVID-19 adalah wisatawan nusantara.

Menko Perekonomian menjelaskan pembangunan sektor pariwisata secara terpadu mendorong transformasi budaya dan ekonomi desa.

Ia menjelaskan, setiap desa tentu paham dengan potensi yang dimiliki untuk menghasilkan produktivitas yang tinggi melalui kegiatan masyarakat.

Anugerah Desa Wisata Indonesia mewujudkan desa yang berkelas, berdaya saing, dan berkelanjutan. "Atas nama bapak Presiden, saya apresiasi penyelenggaraan malam ADWI ini sebagai momentum pengembangan geliat desa wisata khususnya dalam rangka pemulihan ekonomi nasional," ungkapnya.

ADWI 2021 diikuti oleh 1.831 desa dari 34 provinsi. Penilaian ADWI meliputi tujuh kategori, yaitu penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability), desa digital, suvenir, daya tarik wisata, konten kreatif, homestay, dan toilet.

Atas keberhasilan meraih juara kedua untuk kategori Desa Wisata Berkembang pada ADWI 2021, Desa Wisata Religi Bubohu memperoleh hadiah sebesar Rp30 juta. Penghargaan dan hadiah diterima oleh Ketua Pokdarwis Desa Bongo, Muhlis Panai.
Baca juga: Desa Apar Pariaman raih juara 3 desa digital ADWI 2021
Baca juga: Sandiaga ingin Desa Wisata Cikakak Banyumas naik kelas
Baca juga: Sandiaga sebut produk emping Desa Cikolelet miliki daya saing tinggi

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021