Jakarta (ANTARA) - Kapolres Karawang, Jawa Barat, AKBP Aldi Subartono menjadi perbincangan warganet atas tindakannya mengawal dan mengamankan unjuk rasa mahasiswa dan elemen buruh dengan cara humanis dalam video yang viral di media sosial.

Menanggapi hal itu, Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu, mengatakan bahwa dalam mengawal dan mengamankan unjuk rasa mahasiswa dan elemen buruh tersebut, personel Polres Karawang mengedepankan upaya persuasif dan humanis.

"Upaya persuasif dikedepankan dalam mengawal dan mengamankan kegiatan tersebut, kami menugaskan seluruh Polwan Polres Karawang sebagai tim negosiator," ujar AKBP Aldi.

Baca juga: Polres Karawang memeriksa 13 orang dalam peristiwa keracunan

Dalam pengawalan humanis tersebut, anggota Polres Karawang membagikan setangkai bunga dan makanan kepada massa buruh dan mahasiswa yang berunjuk rasa di Kantor Bupati Karawang, pada momen Hari Sumpah Pemuda.

Menurut AKBP Aldi, setangkai bunga yang diberikan kepada mahasiswa dan buruh merupakan simbol kebersamaan dan kekompakan Polri bersama seluruh masyarakat untuk bekerja sama mewujudkan Karawang yang aman, damai, dan kondusif.

"Silakan sampaikan aspirasi namun tetap patuhi protokol kesehatan dan menjaga kondusivitas Kabupaten Karawang yang kita cintai ini," kata AKBP Aldi.

Baca juga: Penyandang disabilitas ikuti vaksinasi di Polres Karawang

Aksi Kapolres Karawang dalam mengawal dan mengamankan unjuk rasa mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan elemen buruh se-Kabupaten Karawang, bertepatan peringatan Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2021.

Dalam video yang viral di beberapa media sosial Instagram (IG) tersebut, tampak Kapolres Karawang dibantu beberapa personel polwan membagikan makanan ringan, minuman, dan beberapa tangkai bunga kepada massa di tengah aksi menuntut transparansi pengelolaan dana program Karawang Cerdas dan evaluasi kinerja Bupati dan Wakil Bupati Karawang.

Video tersebut terdapat narasi Polri siap mengawal dan bersinergi dengan mahasiswa dalam mewujudkan cita-cita bangsa serta pengamanan dilakukan secara humanis dengan memberikan makanan dan bunga yang dipimpin Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono.

Baca juga: Polres Karawang ungkap kasus pencurian ban serep di rest area

Beberapa warganet yang melihat video tersebut memberikan tanggapan positif. Salah seorang warganet dengan akun aditgiorino menyampaikan "keren nih kapolres sekarang” dilampirkan emoticon.

Sementara warganet lainnya dengan akun muhamad_ariphidayat menyampaikan "Pak kapolres terbaik, semoga dalam lindungan Allah SWT," ujar warganet.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021