New York (ANTARA) - Dua pejabat bank sentral AS, Federal Reserve, mengatakan pada Kamis waktu setempat (9/9/2021) bahwa mereka akan menjual kepemilikan saham individu mereka pada akhir bulan untuk mengatasi munculnya konflik kepentingan.

Presiden Fed Dallas Robert Kaplan dan Presiden Fed Boston Eric Rosengren mengeluarkan pernyataan yang mengatakan mereka akan menginvestasikan hasil penjualan tersebut dalam dana indeks (index funds) yang terdiversifikasi dan tabungan tunai serta tidak akan memperdagangkan akun-akun tersebut selama mereka menjalankan peran mereka.

Pengumuman itu muncul setelah para pejabat menghadapi pengawasan atas perdagangan yang mereka lakukan tahun lalu, menurut formulir pengungkapan keuangan mereka.


Baca juga: Tiga pejabat Fed AS dorong kurangi pembelian aset

Dalam formulir, pertama kali dilaporkan oleh Wall Street Journal, Kaplan mengungkapkan bahwa dia memiliki total 27 investasi dalam saham individu, dana atau aset alternatif yang masing-masing bernilai lebih dari 1 juta dolar AS. Dia juga melakukan penjualan atau pembelian setidaknya 1 juta dolar AS di 22 saham perusahaan individu atau dana investasi, laporan itu mencatat. Transaksi tersebut termasuk Apple, Amazon dan General Electric.

"Sementara transaksi keuangan saya yang dilakukan selama bertahun-tahun sebagai presiden Fed Dallas telah mematuhi aturan etika Federal Reserve, bahkan untuk menghindari munculnya konflik kepentingan, saya telah memutuskan untuk mengubah praktik investasi pribadi saya," kata Kaplan dalam sebuah pernyataan.

Sebuah laporan terpisah oleh Bloomberg menyoroti bahwa Rosengren memegang kepemilikan di empat real estate investment trusts (REIT) yang terpisah dan bahwa ia melakukan banyak pembelian dan penjualan dalam investasi tersebut dan kepemilikan lainnya sementara juga menjadi kritikus vokal terhadap risiko di pasar real estat AS.

Baca juga: Risalah: Pejabat Fed terpecah atas penurunan suku bunga pada Juli


Dalam pernyataan yang sama, Rosengren mengatakan investasi dan transaksi pribadinya telah sesuai dengan aturan etika The Fed.

“Sayangnya, munculnya keputusan investasi pribadi yang diizinkan telah menimbulkan beberapa pertanyaan, jadi saya telah membuat keputusan untuk melepaskan aset ini guna menggarisbawahi komitmen saya terhadap pedoman etika Fed,” kata Rosengren, yang mencapai usia pensiun wajib pada Juni 2022.

Baca juga: Pernyataan pejabat Fed AS dorong Wall Street berakhir lebih tinggi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021