ILUNI UI juga membuat riset Masa Depan Indonesia: Manusia dan Pemimpin Indonesia 2045 yang akan menggandeng alumni, mahasiswa, dan para guru besar UI.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) Andre Rahadian menyampaikan dukungan terhadap Program Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Kami menyambut baik program Kampus Merdeka yang sudah berjalan selama dua tahun,” ujar Andre dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Dia berharap dukungan terhadap program Kampus Merdeka tersebut dapat terus berlanjut pada tahun terakhir kepengurusan ILUNI UI.

Ada beberapa kegiatan yang berada di luar program center, salah satunya kegiatan Kampus Merdeka. Kami berharap partisipasi dari ketua ILUNI Fakultas, utamanya untuk bersama membantu almamater dan mahasiswa untuk bisa dapat tempat magang.

Selain itu, Andre juga menjelaskan ILUNI juga sedang menyusun pembuatan tiga buah buku. Ketiga buku tersebut membahas topik tentang industri setelah pandemi, profil alumni, dan alumni-alumni UI yang bergerak di bidang kewirausahaan.

ILUNI UI juga membuat riset Masa Depan Indonesia: Manusia dan Pemimpin Indonesia 2045 yang akan menggandeng alumni, mahasiswa, dan para guru besar UI.

Selain itu, ILUNI UI juga tengah berupaya mewujudkan pembangunan museum UI yang dibantu oleh Hilmar Farid selaku Ketua ILUNI FIB UI dan Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek.

''Pada dasarnya Sinergi Temu menyatukan gagasan konstruktif dan inisiatif konkret semua pihak, masing-masing bidang, banyak alumni yang menghubungi, dan dilakukan dengan pendekatan lintas sektor,” kata dia.

Pada periode Sinergi Temu yang berlangsung sejak Agustus 2020 – Agustus 2021, ILUNI UI mencoba mengajak berbagai pihak dari UI sebagai almamater, di antaranya kerja sama dengan DPKHA, Dirmawa, UI Store, UI Corpora. ILUNI UI juga berkolaborasi dengan lembaga dan kementerian antara lain TNI POLRI, BNPB, Kemenkes dan Kemdikbudristek, juga perguruan tinggi negeri lain yang tergabung dalam Perhimpunan Organisasi Alumni PTN Indonesia (Himpuni),dan lainnya.

ILUNI UI juga telah menyalurkan donasi sebesar Rp57,12 miliar untuk penanganan COVID-19. Pada tahun kedua Sinergi Temu, ILUNI UI juga menerima penghargaan dari BNPB untuk program-program kemanusiaan, serta dari Menteri Kesehatan atas partisipasi aktif dalam program vaksinasi COVID-19 yang kini telah mencapai lebih dari 80.000 masyarakat yang menerima vaksinasi.

“Terima kasih kepada para ketua ILUNI Fakultas, Wilayah, luar negeri yang berpartisipasi aktif membantu kegiatan ILUNI UI. Juga kepada ketua center dan ketua ILUNI UI yang menaungi banyak kegiatan. Semoga ini bisa terus berlanjut,” harap Andre. 
Baca juga: Sri Mulyani: Merdeka Belajar hasilkan SDM unggul
Baca juga: Kampus Merdeka bekali mahasiswa dengan kompetensi
Baca juga: Program Kampus Mengajar bantu tingkatkan literasi dan numerasi siswa


Pewarta: Indriani
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021