Kasetpres serahkan beras 500 ton bagi warga terdampak COVID-19 di Bali

id Kasetpres,bantuan beras,COVID-19,bali

Kasetpres serahkan beras 500 ton bagi warga terdampak COVID-19 di Bali

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono dalam penyerahan simbolis bantuan beras sebanyak 500 ton yang merupakan kontribusi Yayasan Buddha Tzu Chi dan Pengusaha Peduli NKRI. Penyerahan simbolis bantuan beras dilakukan secara virtual yang disaksikan di Jakarta, Senin (2/8) (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyerahkan bantuan beras sebanyak 500 ton yang merupakan kontribusi Yayasan Buddha Tzu Chi dan Pengusaha Peduli NKRI.

"Hari ini kami secara simbolis lewat relawan Tzu Chi yang ada di Bali berkenan dengan hormat Pak Kapolda nanti menerimanya dan Pak Pangdam untuk selanjutnya dapat diberikan kepada masyarakat," ujar Heru dalam penyerahan secara simbolis yang dilakukan secara virtual yang disaksikan di Jakarta, Senin.

Bantuan yang dikemas ke dalam 100 ribu paket beras tersebut akan didistribusikan oleh prajurit TNI-Polri kepada warga yang terdampak pandemi COVID-19 di Bali.

Heru mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi dan Pengusaha Peduli NKRI yang telah berkontribusi terus menerus membantu pemerintah untuk mengurangi dampak pandemi COVID-19.

Baca juga: Panglima TNI berikan bantuan 100 unit laptop "tracer" COVID-19

"Terima kasih Bapak-Bapak sudah memberikan bantuan ini sejak setahun yang lalu. Bahkan, ini adalah tahapan yang kesekian kali," kata Heru.

Heru menyampaikan apresiasinya kepada TNI-Polri, khususnya Polda Bali dan Kodam IX Udayana yang telah membantu pemerintah untuk menyalurkan bantuan tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kepala Polda Bali Irjen Polisi Putu Jayan Danu Putra menyatakan masyarakat Bali sangat menantikan bantuan tersebut sehingga aparat kepolisian akan segera mendistribusikan beras tersebut kepada masyarakat terdampak COVID-19.

"Melalui Bhabinkamtibmas dan mungkin juga dari Babinsa, sumbangan berupa beras akan kami salurkan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 langsung door to door nanti kami akan sampaikan. Ini merupakan hal yang sungguh dinanti-nanti oleh masyarakat," ujar Putu.

Baca juga: Pelaku usaha salurkan bantuan untuk warga terdampak COVID-19 di Malang

Pangdam IX Udayana Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada jajarannya untuk mendistribusikan beras kepada masyarakat. Maruli berharap kegiatan serupa terus berlanjut sehingga masyarakat tetap bisa melangsungkan kehidupan sehari-harinya.

"Saya yakin dengan kegiatan-kegiatan ini kita bisa me-maintenance situasi dan kondisi masyarakat," ucap Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Untuk diketahui dalam acara penyerahan kali ini, Kasetpres juga melaporkan bahwa Presiden Joko Widodo telah mengirimkan lima ribu paket beras, obat-obatan, dan juga oksigen konsentrator ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam waktu dekat, Kasetpres juga akan kembali mengirimkan bantuan beras dari Presiden Jokowi sebanyak 60 ribu paket untuk dibagikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 yang ada di NTT.

"Kami tadi pagi mengirim beras ke NTT itu 5 ribu itu bantuan murni Bapak Presiden. Jika berkenan dalam waktu dekat kami kirim ke NTT 60 ribu kantong. Kalau bisa diterima, mungkin 1 atau 2 hari ini bisa kami realisasi," ujar Heru.

Baca juga: PT PP salurkan bantuan sosial tanggulangi COVID-19


Pewarta : Indra Arief Pribadi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar