Sampai saat ini tim gabungan dan SAR Jambi masih terus melakukan pencarian terhadap korban
Jambi (ANTARA) - Tim Gabungan dan SAR Jambi masih terus mencari delapan penumpang KM Wicly Jaya Sakti yang pecah dan tenggelam di Perairan Nipah Panjang, Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi, yang terjadi pada Sabtu pukul 12.45 WIB.

Humas Basarnas Jambi, Luthfi Mulyawan, saat dihubungi di Jambi, Sabtu, mengatakan setelah memintai keterangan kapten kapal KM Wicly Jaya Sakti bernama Dedi Haryadi yang selamat dari kejadian itu ada 18 orang termasuk dirinya sedangkan delapan orang penumpang kapal lainnya masih belum diketahui keberadaannya.

Baca juga: Pemkab Lingga bantu evakuasi korban kapal tenggelam di perairan Jambi

Tim SAR Jambi mencatat dan meralat bahwa jumlah penumpang kapal tersebut sebanyak 26 orang dimana yang berhasil selamat 18 orang dan delapan orang yang belum diketahui keberadaannya atau masih dalam pencarian tim.

"Sampai saat ini tim gabungan dan SAR Jambi masih terus melakukan pencarian terhadap korban yang belum ditemukan di perairan Nipah Panjang, Tanjab Timur," kata Luthfi.

Data yang dihimpun dari Basarnas Jambi, delapan penumpang yang masih dicari setelah kejadian tenggelamnya KM Wicly Jaya Sakti di perairan Nipah Panjang, Tanjab Timur, Jambi adalah pertama Bunga Ateng (54), Dewi (37), Safirah (5), Dina Permata Sari (18), Rosmawati (65) dan tiga korban lainnya belum diketahui nama-namanya dan mereka semua perempuan.

Baca juga: KM Wicly pecah dihantam ombak di Kuala Tungkal 9 penumpang hilang

Sedangkan data penumpang kapal yang berhasil diselamatkan adalah Syarifah (24) perempuan, Syarifudin (47) laki-laki, Siti Fatimah (45) perempuan, Desi Fatmasari (25) perempuan, Gita Ulan Sari (14) perempuan, Ari Rahman (16) laki-laki, Muhammad Ilyas (31) laki-laki.

Selain itu Resti Novita Sari (26) perempuan, Syaikila (1 tahun 6 bulan) perempuan, Supriyanti (34) perempuan, Keysia Depi (11) perempuan, Kiswandi (39) laki-laki, Hendri (34) laki-laki, Sandi (31) laki-laki, Gazi (58) laki-laki, Zarimah (53) perempuan, Aan (43), laki-laki, Heriyanto (38) laki-laki.

Tim Basarnas dan Tim gabungan saat ini sedang melaksanakan operasi pencarian dengan koordinat 01°4'7.24''S - 104°30'12.19''E, jarak lebih kurang 64 NM dengan cuaca hujan ringan dan tinggi gelombang lebih satu meter.

Baca juga: KSOP Benoa: Kapal KM Bandar Nelayan 188 laik operasi dan laik laut

Kapal KM Wicly Jaya Sakti berangkat dari Nipah Panjang tujuan Dabo Singkep pada pukul 05.30 WIB. Namun di tengah perjalanan kapal di hantam gelombang hingga mengakibatkan kapal pecah dan tenggelam.

Pada saat kejadian KM TB Sabang melintas dilokasi kejadian dan berhasil mengevakuasi 18 penumpang dan awak kapal dalam keadaan selamat dan langsung dievakuasi menuju Kampung Laut sedangkan untuk sembilan orang lainnya masih dalam pencarian oleh tim.

Saat ini tim gabungan Basarnas masih melakukan pencarian terhadap kesembilan penumpang yang hilang dengan menggunakan kapal diantaranya KN SAR 414, RIB 02 Tungkal, Rescue Car, Rubber Boat.

Unsur SAR yg terlibat diantaranya, Tim Rescue Kantor Basarnas Jambi, Tim Rescue Pos Siaga SAR Tungkal, Polairud Polda Jambi dan KPKL Kampung Laut.

Baca juga: Basarnas: Badai sebabkan KM Bandar Nelayan 188 kecelakaan





 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021