Surabaya (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berharap semangat dan perjuangan yang diperlihatkan RA Kartini di masa lalu tetap menyala meski Indonesia masih menghadapi pandemi COVID-19.

"Peran perempuan tidak kecil dalam aspek kehidupan, baik di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya," ujar senator asal daerah pemilihan Jawa Timur tersebut di Surabaya, Rabu.

Menurut dia, pada masa lalu RA Kartini memperjuangkan emansipasi agar perempuan Indonesia memiliki peran sama dengan laki-laki, baik dalam kehidupan bidang politik, ekonomi, sosial maupun budaya.

Baca juga: Menkominfo: Pemerintah percepat kesetaraan di sektor digital

Baca juga: Azis Syamsuddin nilai peran perempuan sangat signifikan dalam politik


"Perjuangan itu bisa kita rasakan hingga kini. Oleh sebab itu, semangat Kartini harus terus menyala," ucap LaNyalla.

Ketua Dewan Kehormatan Kadin Jawa Timur itu mengatakan berkat perjuangan Kartini, perempuan Indonesia sudah hampir sejajar dengan laki-laki.

Semangat Kartini, kata dia, menjadikan perempuan Indonesia zaman sekarang atau Kartini masa kini memiliki prestasi di berbagai bidang. "Mereka banyak menduduki peran strategis dan penentu kebijakan di bidang-bidang yang digeluti," kata dia.

Alumnus Universitas Brawijaya Malang tersebut menilai perempuan yang bisa berperan di bidang-bidang tertentu merupakan perempuan luar biasa, sebab mampu berperan aktif di berbagai sektor tanpa menanggalkan kodratnya sebagai perempuan.

"Tentu saja Ibu Kartini akan bangga dengan peran-peran aktif perempuan sekarang. Dengan keberanian dan pengorbanan tulus, Kartini mampu mengubah kaumnya dari belenggu diskriminasi," tuturnya.

LaNyalla mengajak kaum perempuan untuk lebih menularkan semangat yang dimiliki Kartini, apalagi di era digital ini perkembangan zaman sangat cepat.

"Kaum perempuan sekarang harus paham teknologi, terutama berkaitan dengan kegiatan sehari-hari. Harus bisa bersikap cerdas dan mempunyai semangat membantu, berbuat baik untuk orang lain dan semangat berprestasi di berbagai bidang kehidupan," kata LaNyalla.

Baca juga: Kominfo dorong perempuan berwirausaha digital

Mantan Ketua Umum PSSI itu juga mengajak kaum perempuan Indonesia tidak sekadar memperingati Hari Kartini setiap 21 April, namun lebih mendalam dengan mencontoh semangat juang Kartini.

"Jangan sampai generasi di bawah kita tidak mengerti sejarah Kartini di masa lalu. Beliau merupakan sosok yang membuat perubahan besar dan dampaknya bagi kaum perempuan di zaman sekarang sangat luar biasa," kata dia.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021