Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan dana siap pakai senilai Rp3,5 miliar untuk penanganan banjir di Kalimantan Selatan.

"Pemerintah pusat melalui BNPB juga akan memberikan bantuan berupa dana stimulan untik rumah warga yang mengalami kerusakan akibat banjir," kata Doni melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin.

Bantuan dana siap pakai diberikan kepada lima kabupaten yang terdampak banjir paling parah, yaitu Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Barito Kuala, Hulu Sungai Tengah, dan Kabupaten Balangan. Masing-masing kabupaten mendapatkan bantuan Rp500 juta, sedangkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mendapatkan Rp1 miliar.

Baca juga: Polisi evakuasi wanita akan melahirkan di tengah banjir di Batola

Baca juga: Pemprov dorong daerah di Kalteng bantu penanganan banjir Kalsel


Sedangkan dana stimulan yang akan diberikan sebesar Rp50 juta untuk rumah rusak berat, Rp25 juta untuk rumah rusak sedang, dan Rp10 juta untuk rumah rusak ringan.

Doni meminta para pemangku kebijakan di daerah segera mendata secara akurat untuk mempercepat proses penyaluran dana stimulan tersebut, sehingga masyarakat terdampak dapat segera bangkit.

"Sesuai arahan Bapak Presiden, kami akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami kerusakan rumah. Mohon pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten/kota mendata rumah-rumah yang rusak," tuturnya.

Doni juga meminta segera dibentuk satuan tugas dipimpin gubernur untuk mempersiapkan upaya rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana bersama seluruh komponen yang ada di daerah dan unsur terkait yang melibatkan TNI/Polri, BPBD, dan dinas-dinas di daerah.

"Sehingga, pada saat proses pendataan bisa akurat by name by adress dan setelah itu bisa kita memulai program rehabilitasi dan rekonstruksi," katanya.

Baca juga: Lima orang tewas akibat tanah longsor di Tanah Laut

Baca juga: BNPB katakan protokol kesehatan diterapkan di pengungsian

Baca juga: Banjir di Kalsel mendapat atensi besar dari pemerintah pusat


Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengatakan dukungan pemerintah pusat melalui BNPB menjadi penyemangat bagi pemerintah provinsi hingga kabupaten/kota untuk lebih maksimal dalam mempercepat penanganan bencana.

"Ini memberikan semangat daya dorong bagi kami dalam menghadapi musibah banjir," tuturnya.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021