Ternate (ANTARA) - B​​​asarnas Ternate, Maluku Utara (Malut), berhasil mengevakuasi dua nelayan asal Fitu yang dihantam gelombang tinggi di perairan Mareku, Pulau Tidore Kepulauan dalam kondisi selamat.

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah melalui siaran pers, Senin, mengatakan, personelnya mendapat laporan dari seorang keluarga korban, bahwa saudaranya yang sedang ke luar melaut tenggelam di Perairan Desa Mareku Tidore Kepulauan.

Menurut dia, kedua korban bernama Ilham Hamid (37 tahun) dan Didi Malik (36 tahun) ke luar memancing di rompong Fitu 04 di sekitar Perairan Desa Mareku Tidore Kepulauan dan Pada hari Senin tertanggal 3 Agustus 2020 sekitar pukul 02.00 Wit, komunikasi dengan korban terputus, informasi yang didapat perahu korban dihantam gelombang tinggi dan langsung tenggelam di sekitar rompong.

Baca juga: Kapal KLM Bukit Rahmat tenggelam, 30 penumpang selamat

Dia menyatakan, kronologis, pada 08.30 WIT Tim Rescue Basarnas Ternate bergerak menuju lokasi TKP untuk melaksanakan pencarian dan evakuasi.

Pukul 08.55 Wit, Tim Rescue Basarnas Ternate Tiba di LKP melakukan pencarian dan menemukan korban berada di atas rompong dalam keadaan selamat pada koordinat 0.63 Nm arah Timur Laut dari LKP Duga.

Sementara longboat korban tenggelam terikat di tali rompong, selanjutnya Tim Rescue melaksanakan evakuasi terhadap korban ke RIB 02 Ternate untuk dibawa ke Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, korban kemudian dibawa ke rumah keluarga di kelurahan Fitu Ternate untuk diserahkan.

Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah mengatakan pukul 09.30 WIT, dengan telah ditemukan korban dalam keadaan selamat dan diserahkan ke pihak keluarga selanjutnya operasi SAR dinyatakan selesai.

Baca juga: TNI dan Basarnas selamatkan tujuh warga terjebak banjir di Aceh Jaya
Baca juga: Jasad kru kapal bunker MT Altair ditemukan Basarnas Sumsel

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020