inovasi dan kreativitas PPSU ini tidak terlepas dari bantuan salah satu perusahaan BUMN
Jakarta (ANTARA) - Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Tugu Selatan, Jakarta Utara membuat wastafel portabel dari drum bekas sebagai untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

"Kami mencoba membuat sesuatu yang berguna untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan sekitar," kata petugas PPSU Kelurahan Tugu Selatan, Eko di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Dinas Bina Marga DKI sediakan "wastafel portable" di 10 lokasi

Pembuatan tempat cuci tangan itu mendapatkan dukungan dari pihak kelurahan dengan memanfaatkan dari tong bekas.

Eko berharap hasil inovasi dan kreasi bersama kawan-kawan PPSU itu bisa berguna buat masyarakat sekitar.

Lurah Tugu Selatan Sukarmin mengatakan inovasi dan kreativitas PPSU ini tidak terlepas dari bantuan salah satu perusahaan BUMN.

Baca juga: Kawasan Halte Ratu Plaza dilengkapi "wastafel portabel"

"Perusahaan memberikan bantuan berupa tong bekas oli dan juga alat-alat bantu lainnya. Dengan kreativitas teman-teman PPSU kemudian tong bekas tersebut dijadikan wastafel portabel," jelas Sukarmin.

Menurut dia, pembuatan wastafel itu mendapatkan respon positif dari masyarakat luas.

"Ada pesanan membuat wastafel portabel dari drum bekas ini dari masyarakat luar. Uang hasil penjualan masuk ke kas Bank Sampah Tugu Selatan," kata Sukarmin.

Baca juga: Kemenparekraf bagikan masker kain kepada PPSU DKI Jakarta

Wastafel portabel yang diletakan di pintu masuk Kelurahan Tugu Selatan. Hasil inovasi PPSU ini sudah bisa digunakan masyarakat Tugu Selatan sebagai tempat mencuci tangan sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Pewarta: Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020