Jayapura (ANTARA) - Manajamen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura, Provinsi Papua, merawat 132 pasien positif COVID-19.

"Kini RSUD Jayapura sedang merawat 132 pasien positif COVID-19," kata Direktur RSUD Jayapura, drg. Aloysius Giyai di Jayapura, Selasa.

Dari 132 pasien positif COVID-19 yang dirawat, kata dia, 69 pasien dirawat di RSUD Jayapura, selanjutnya 63 pasien lainnya sementara di rawat di Hotel Shaid Jayapura.

"Dokter yang merawat pasien COVID-19 di RSUD Jayapura, juga selalu ke Hotel Shaid Entrop untuk kontrol pasien yang dirawat di hotel," ujarnya.

Baca juga: 5.447 warga Sentani jalani "rapid test" COVID-19, ada 251 reaktif

Baca juga: Barikade didirikan setelah Kota Jayapura berlakukan PSDD


Aloysius menyebutkan dirinya sebagai koordinator penanganan pasien COVID-19 dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur Papua, sudah memantau semua rumah sakit dan tempat-tempat penampungan pasien yang dikarantina.

Menurut dia, sebagian pasien positif COVID-19 yang dirawat di RSUD Jayapura maupun di Hotel Shaid, reaktif sehingga masih menunggu hasil pemeriksaan swab.

Ia menambahkan, sebenarnya pasien COVID-19 yang menjalani perawatan di RSUD Jayapura itu sudah dinyatakan negatif tetapi harus kembali diperiksa lagi.

"Harus dites lagi, bukan satu kali tes tetapi harus dua kali tes, dua kali tes swab ataupun PCR, kalau negatif baru bisa dipulangkan," katanya.

Baca juga: Ada tambahan tujuh, pasien COVID-19 Kabupaten Jayapura jadi 64 orang
 

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020