Investasi di bisnis sosial akan memberikan keberlanjutan lebih baik dan akan mudah untuk dikembangkan secara nasional maupun global
Jakarta (ANTARA) - Praktisi bisnis Judianto Hasan menilai bisnis-bisnis sosial akan memiliki peran sangat besar nantinya di era new normal  atau kenormalan baru yang akan muncul pascapandemi COVID-19.

"Bisnis sosial di Indonesia akan sangat besar peranannya selama pandemi COVID-19 maupun nanti ketika memasuki kondisi new normal pascapandemi," ujar Judianto Hasan dalam diskusi daring di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, sebagai pelaku bisnis sudah saatnya memanfaatkan momentum saat ini untuk melakukan bisnis sosial, di mana akan mudah menarik perhatian masyarakat melalui media-media sosial.

Dalam paparannya, bisnis sosial juga memberikan peluang kepada masyarakat untuk semakin memiliki peran dalam transformasi sosial dan ekonomi di Indonesia pascapandemi COVID-19.

"Investasi di bisnis sosial akan memberikan keberlanjutan lebih baik dan akan mudah untuk dikembangkan secara nasional maupun global," kata Judianto Hasan.

Terakhir, lanjut dia, bisnis sosial akan memberikan peluang inovasi dan pengembangannya sehingga bermanfaat bagi manusia.

Selain itu praktisi bisnis tersebut menyampaikan terdapat sejumlah kriteria dasar yang perlu dipenuhi oleh pengusaha jika ingin membuat bisnis sosial.

"Kalau kita melihat bisnis sosial itu harus ada dampak dan misi sosial, kemudian banyak melakukan pemberdayaan, dan juga prinsip etika bisnis," kata Judianto Hasan.

Selain itu dana atau keuntungan yang diperoleh bisnis sosial tersebut kemudian di investasikan kembali atau reinvestasi misi-misi sosial.

Lalu tujuan bisnis sosial adalah keberlanjutan dari usaha-usaha yang dilakukan oleh bisnis sosial tersebut.

Para pebisnis sosial, menurut Judianto, dapat mendorong terjadinya inovasi sosial dan transformasi di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, lingkungan, energi dan sebagainya.

Pebisnis sosial pada dasarnya sama dengan pebisnis umum yang mengembangkan organisasi bisnis yang kuat dan berkelanjutan, namun pebisnis sosial lebih fokus pada solusi terhadap problema sosial atau lingkungan serta menekankan model bisnis yang berkelanjutan.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020