Padang, (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat melatih personelnya sejumlah keterampilan dalam menghadapi pandemi COVID-19 mulai dari membuat peti mati, memasak hingga menjahit masker dalam membantu pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto di Padang, Rabu, mengatakan pelatihan ini bertujuan membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Ia mengatakan personel yang dilatih membuat peti mati yang akan digunakan untuk mengantisipasi kebutuhan peti mati untuk korban meninggal akibat COVID-19.

Baca juga: Polda Sumbar latih keselamatan berkendara ribuan pengemudi angkutan

Ia menyebutkan ada 16 personel dari Sabhara dan Brimob yang mengikuti pelatihan tersebut

Selain itu, untuk pelatihan memasak, personel ini akan diberdayakan di dapur umum TNI-Polri untuk memberikan bantuan makanan kepada masyarakat yang terkena dampak ekonomi akibat COVID-19.

Saat ini ada 16 orang yang sedang menjalani pelatihan yang terdiri dari delapan personel Polri dan delapan personel TNI.

Baca juga: Polda Sumbar perketat pemeriksaan orang di perbatasan saat PSBB

"Kita membagikan makanan kepada masyarakat jelang berbuka di dapur umum yang ada di bawah Jembatan Siti Nurbaya," kata dia.

Kemudian untuk pelatihan menjahit, yang merupakan gelombang kedua, diikuti 16 personel yang akan membuat masker untuk memenuhi kebutuhan masker masyarakat

Ia mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang yang memberikan pelatihan selama 10 hari.

Baca juga: Polda Sumbar petakan potensi tindak kejahatan saat pandemi COVID-19

"Pelatihan sudah dimulai sejak kemarin. Kita berharap ini dapat membantu pemerintah daerah dalam menghadapi pandemi ini," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020