Selain itu, sebagai alumni baru UI, para lulusan telah dipersiapkan menjadi agen perubahan dan penuntas permasalahan bangsa,
Depok (ANTARA) - Sebanyak 1.007 dari 3.955 wisudawan Universitas Indonesia (UI) dari Program Vokasi, Sarjana, Magister, Profesi, Spesialis dan Doktor Semester Gasal Tahun Akademik 2019/2020 lulus dengan nilai cumlaude.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dalam pidato wisudanya di Balairung UI Depok, Sabtu, mengatakan selama 171 tahun mengabdi pada bangsa dan 70 tahun dengan penuh kehormatan menyandang nama bangsa, UI terus berkomitmen menjadi institusi pendidikan tinggi yang berkualitas, unggul, dan mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah pendidikan tinggi global.

Pada prosesi upacara wisuda Sarjana dan Vokasi, UI meluluskan 1.964 wisudawan yang terdiri atas 20 wisudawan program Vokasi/Diploma, 1.195 wisudawan Program Sarjana Reguler, 489 wisudawan Sarjana kelas Paralel, 171 wisudawan Sarjana Kelas Internasional dan 89 wisudawan Sarjana Ekstensi.

Baca juga: Puan ajak akademisi UI sukseskan RUU "Omnibus Law"

Pada program Sarjana Reguler yang berhasil mendapatkan predikat cumlaude adalah sebanyak 368 wisudawan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi diraih oleh Priscilla Tiffany dari Fakultas Ilmu Komputer dengan perolehan IPK 3,97.

Sementara itu, pada Program Sarjana Kelas Internasional, predikat cumlaude tertinggi diraih oleh Hanifa Fadhila Pramana dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dengan IPK 3,93.

Sedangkan predikat lulusan termuda pada jenjang Sarjana dengan predikat cumlaude diraih oleh Nurul Gusti Khatimah yang berhasil lulus dari Fakultas Kedokteran pada usia 19 tahun 5 bulan.

Baca juga: Bahlil: Investasi kurangi pengangguran intelektual

Diharapkan para alumni program Vokasi dan Sarjana UI mampu terjun ke masyarakat menjadi pribadi yang berintegritas, berakhlak, berintelektualitas tinggi dan berbudi luhur.

"Selain itu, sebagai alumni baru UI, para lulusan telah dipersiapkan menjadi agen perubahan dan penuntas permasalahan bangsa," katanya.

Baca juga: Prodi Periklanan Vokasi UI siap cetak talenta kreatif
 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2020