Para anggota PWI dari Sulawesi Tenggara (Sultra) --karena akan menjadi tuan rumah HPN tahun 2021 -- gubernur dan seluruh wali kota/bupati akan diboyong ikut ke Banjarmasin
Banjarmasin (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan memperkirakan lebih dari sebanyak 3.000 orang peserta dari luar daerah akan hadir pada puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 di Kalsel yang bakal dihadiri langsung Presiden Joko Widodo.

"Puncak peringatan HPN yang direncanakan bertempat di Kantor Sekdaprov Kalsel di Banjarbaru pada 9 Februari 2020 tersebut akan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo," kata Ketua PWI Kalsel Zainal Hilmi saat jumpa pers di Kantor PWI Kalsel di Banjarmasin, Senin.

Jumlah yang hadir mencapai ribuan itu, katanya, karena para anggota PWI provinsi dari penjuru Nusantara ada yang membawa gubernur dan wali kota serta bupatinya.

Ia memberi contoh seperti para anggota PWI dari Sulawesi Tenggara (Sultra) --karena akan menjadi tuan rumah HPN tahun 2021 -- gubernur dan seluruh wali kota/bupati akan diboyong ikut ke Banjarmasin.

"Bahkan mereka akan melakukan gala dinner di sini, sebagai ajang penyampaian sebagai tuan rumah HPN pada 2021 setelah di Kalsel," kata Zainal Hilmi.

Pihaknya memperkirakan lebih dari 100 orang rombongan PWI dari Sulawesi Tenggara itu akah hadiri , belum lagi peserta provinsi lainnya.

"Kalau 100 orang saja setiap provinsi itu datang dan dikalikan 34 provinsi, sudah sekitar 3.400 orang," katanya.

Sebagai tuan rumah HPN 2020, PWI Kalsel sudah melakukan persiapan bagi peserta luar daerah yang datang tersebut, termasuk menyiapkan penginapan.

"Sejauh ini kita sudah menyiapkan enam hotel, ada sekitar 500 kamar," katanya.

Selain pemberian fasilitas hotel bagi tamu yang hadir pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan sejumlah hotel, baik yang ada di Banjarmasin dan Banjarbaru untuk tamu yang hadir di luar jaminan PWI Kalsel sebagai tuan rumah.

"Kita harapkan semuanya tertangani, karena kita menyampaikan tidak semua peserta dijamin penginapannya," katanya.

Ia menjelaskan kegiatan HPN 2020 di Kalsel akan digelar sejak 6-10 Februari 2020, di mana ada sebanyak 7 titik kegiatan acara, di Banjarmasin dan Banjarbaru.

Tamu istimewa uang hadir selain Presiden Joko Widodo adalah sejumlah menteri,  di antaranya Menteri Kesehatan, Menteri Hukum dan HAM, dan Menteri Komunikasi dan Informatika.

Selain itu ada sebanyak 24 duta besar dari negara-negara sahabat, di antaranya Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Laos dan Armenia dan lainnya, demikian Zainal Hilmi.


Baca juga: PWI Kalsel: 24 dubes hadiri puncak HPN

Baca juga: Gubernur: HPN 2020 momentum percepatan pembangungan Kalsel

Baca juga: Buku nilai moral masyarakat Buton "Polima" dibedah pada HPN 2020

Baca juga: PWI tetapkan Wali Kota Baubau penerima Anugerah Kebudayaan


Baca juga: KemenpanRB akan gelar Forum Inovasi Pelayanan Publik pada HPN 2020

Pewarta: Sukarli
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020