Selain dikenal sebagai Kepala Bekraf, Triawan Munaf juga dikenal sebagai pengusaha, politisi, dan musisi.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengatakan bahwa Komisaris Utama baru Garuda Indonesia sekaligus mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dapat meningkatkan citra Garuda Indonesia yang sempat terganggu.

"Bapak Triawan Munaf dengan semua pengalaman beliau tentu akan mampu dan meningkatkan citra Garuda yang sempat terganggu," ujar Erick Thohir dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu.

Erick juga menambahkan bahwa mantan Kepala Bekraf itu diharapkan dapat memberikan masukan strategi pemasaran dalam rangka memajukan Garuda Indonesia.

Triawan Munaf merupakan Kepala Bekraf Kabinet Indonesia Kerja periode 2014-2019. Dia juga dikenal sebagai Kepala Bekraf pertama sekaligus terakhir, sebelum institusi tersebut bergabung kembali dengan Kementerian Pariwisata.

Selain dikenal sebagai Kepala Bekraf, Triawan Munaf juga dikenal sebagai pengusaha, politisi, dan musisi.

Baca juga: Yenny Wahid jadi komisaris baru Garuda, begini komentar Erick Thohir

Triawan pernah menjadi anggota personel band musik Giant Step yang beraliran progressive rock asal Kota Bandung pada 1970-an. Dia bermain sebagai keyboardist dan penyanyi pada grup musik tersebut.

Sebagai Komisaris Utama baru Garuda Indonesia, Triawan Munaf akan didampingi oleh Chairal Tanjung yang menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama serta beberapa sosok lainnya seperti politisi Yenny Wahid dan pengusaha Peter F Gontha.

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk pada  Rabu ini melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Auditorium Gedung Manajemen Garuda City Center, Cengkareng, Banten.

RUPSLB ini dihadiri/diwakili oleh pemegang 23.386.793301 lembar saham atau 90,34 persen dari keseluruhan pemegang saham Garuda Indonesia.

RUPSLB 2020 menyetujui penunjukan Irfan Setiaputra sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia yang baru menggantikan I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra yang menjabat sejak September 2018.

Baca juga: Erick Thohir ungkap harapannya pada Dirut baru Garuda Indonesia

RUPSLB ini juga memperkuat keputusan Dewan Komisaris perihal pemberhentian sementara Direktur Utama dan beberapa anggota direksi.

Selain itu RUPSLB Garuda Indonesia juga memberhentikan dengan hormat Sahala Lumban Gaol sebagai Komisaris Utama dan menunjuk Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama Garuda Indonesia yang baru.

RUPSLB ini juga telah menunjuk jajaran direksi dan dewan komisaris baru Garuda Indonesia.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020