Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyatakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya, kembali melakukan penembakan terhadap aparat keamanan dan saat ini dilakukan kepada anggota Brimob yang saat itu sedang melakukan pembersihan sekitar pos atau kurvey di Kenyam, Kabupaten Nduga.

"Memang benar Sabtu (11/1) sekitar pukul 06.50 wit terjadi penembakan terhadap anggota brimob yang sedang kurvey di sekitar pos hingga menyebabkan satu anggota terluka dibagian kaki," katanya.

Baca juga: KKB tembak anggota Brimob saat kurvey di Kenyam Papua

Kondisi korban stabil dan saat ini sudah dievakuasi ke Timika untuk mendapat perawatan intensif, kata Irjen Pol Waterpauw kepada Antara, di Jayapura.

Diakui, sesaat setelah penembakan sempat terjadi kontak tembak namun KKB langsung melarikan diri ke dalam hutan.

Dengan masih terus terjadinya aksi penyerangan yang dilakukan KKB terhadap aparat keamanan maka pihaknya berharap pemda setempat mengambil langkah proaktif mengingat KKB juga bagian dari warganya.

TNI-Polri akan mengambil langkah tegas terhadap kelompok tersebut karena sudah sangat meresahkan termasuk membuat masyarakat ketakutan.

“Hanya anggota TNI-Polri yang memegang senjata api itupun tidak semua anggota, “ kata mantan Kapolda Sumut seraya menegaskan warga sipil dilarang membawa senpi.

Bharatu Luki, anggota Polda Maluku yang di BKO ke Polda Papua tertembak dibagian kaki dan dijadwalkan Minggu (12/1) dievakuasi ke Jakarta.

Baca juga: Kapolda Papua: Gangguan KKB masih akan warnai Kamtibmas 2020

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020