Hanya orang-orang terbaik yang terpilih mewakili Indonesia.
Gresik, Jawa Timur (ANTARA) - Alicia Nabila Rynfa, Siswi asal SD Muhammadiyah 1 Gresik Kota Baru (GKB), Kabupaten Gresik, Jawa Timur menjadi salah satu perwakilan Indonesia di kompetisi Matematika Internasional, atau masuk tim International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) yang akan berlaga di Vietnam, 26 Desember 2019.

Ibunda Alicia, Alfa Kurniasari di Gresik, Senin mengaku bangga bahwa anaknya mampu menjadi satu-satunya wakil dari Gresik, dan bersyukur putri pertamanya tersebut diberikan anugerah oleh Allah SWT.

"Belajarnya biasa saja, setiap hari rutin belajar 1 jam tidak lebih. Selebihnya bermain seperti anak-anak sebayanya. Saya berterima kasih kepada pihak sekolah yakni SD Muhammadiyah 1 GKB yang telah banyak mendukung keberhasilan Alicia," katanya kepada wartawan.

Baca juga: Indonesia raih medali emas kompetisi matematika dunia


Sementara itu, Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim yang ditemui Alicia bersama pihak sekolah untuk berpamitan mengaku kebanggaannya atas prestasi putri pasangan Heri Wahyudi dan Alfa Kurniasari ini.

Qosim mendukung dan berdoa untuk keberhasilan Alicia Nabila Rynca di Vietnam dan patut dibanggakan menjadi bagian dari delegasi Indonesia di ajang Internasional.

"Hanya orang-orang terbaik yang terpilih mewakili Indonesia. Di usia yang masih belia ini Alicia sudah siap bertanding ke luar negeri. Mungkin para guru dan orang-orang di sini belum tentu pernah ke Vietnam. Apalagi di sana mewakili negara dalam lomba," tuturnya.

Baca juga: Pelajar Indonesia sabet juara umum olimpiade internasional matematika


Qosim berpesan, agar Alicia memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dengan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya, sehingga bisa bermanfaat di kemudian hari.

Sementara itu, kegiatan 16th IMSO ini akan dilaksanakan di Hanoi Vietnam pada 26 November sampai 1 Desember 2019, dan Alicia Nabila Rynfa bergabung dalam delegasi Indonesia untuk tim Ilmu Pengetahuan Alam.

Total ada dua tim yang akan menjadi kekuatan delegasi Indonesia, yaitu tim bidang Matematika dan bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dengan masing-masing tim berkekuatan 12 siswa yang telah menjalani seleksi ketat dari seluruh siswa di Indonesia.


 Baca juga: Indonesia panen medali di Olimpiade Matematika China

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019